Home Breaking News Konsumsi Naik 6 Persen, Pertamina Jamin Pasokan Elpiji

Konsumsi Naik 6 Persen, Pertamina Jamin Pasokan Elpiji

155
Pertamina memasok LPG 3 kilogram. (Foto: Energytoday)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- PT Pertamina (Persero) memperkirakan akan ada kenaikan total konsumsi elpiji PSO dan non PSO sekitar 6 persen (%) selama perayaan Idul Adha 1438 Hijriyah ini dibandingkan hari-hari biasa.

Meski begitu, perusahaan minyak dan gas bumi pelat merah ini menjamin pasokan gas elpiji jenis tiga kilogram mencukupi kebutuhan masyarakat.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito dalam keterangan tertulisnya menyatakan secara nasional stok elpiji cukup untuk 16,86 hari.

Jumlah tersebut sangat mencukupi dan melebihi ketentuan Peraturan Menteri ESDM No 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian elpiji yang menyebutkan ketahanan stok bahan bakar itu minimal 11 hari.

Dengan penambahan pasokan tersebut, Pertamina berharap masyarakat dapat tenang merayakan hari raya Idul Adha. “Kami sudah mengantisipasi adanya peningkatan konsumsi LPG 3 Kg pada setiap perayaan keagamaan. Saat ini stok aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya,” seperti dikutip dari Antara, Jumat, 1 September 2017.

Selain penambahan stok elpiji 3 kilogram, kata Adiatma, Pertamina menyediakan elpiji nonsubsidi. Elpiji nonsubsidi itu berupa elpiji bervolume 12 kilogram maupun Bright Gas di seluruh agen dan SPBU strategis yang berpotensi mengalami peningkatan konsumsi.

Berdasarkan data per tanggal 30 Agustus 2017, Pertamina memiliki stok elpiiji sebesar 333,270 metrik ton dengan rata-rata penyaluran elpiji harian sebesar 19,772 metrik ton.

Kenaikan permintaan konsumsi LPG PSO dan Non PSO pada minggu terakhir bulan Agustus 2017 sebesar 24,500 metrik ton per hari atau naik 6 persen dibanding rata-rata hari-hari sebelumnya. (*)

Komentar

Komentar