Home Breaking News Kongres AS Kecam Pemimpin China Terkait Kematian Peraih Nobel, Liu

Kongres AS Kecam Pemimpin China Terkait Kematian Peraih Nobel, Liu

165
Peraih nobel China, Liu Xiaobo. foto bbc.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Anggota parlemen AS dan pembangkang China telah mengecam pemerintah China atas perlakuannya terhadap peraih Nobel Perdamaian Liu Xiaobo, yang akhirnya meninggal dalam tahanan.

Sebuah subkomite Urusan Luar Negeri AS mengadakan persidangan menyusul kematian advokat demokrasi terkemuka itu, kata nhk, Sabtu (15/7/2017).
Yang Jianli, seorang aktivis pro-demokrasi yang tinggal di AS, mencatat bahwa para pemimpin dunia menyerukan pembebasan segera Liu dan perawatan medis di luar negeri, dan Liu sendiri ingin melakukan perawatan medis di luar negeri dan meninggal di tempat bebas.

Yang mengatakan bahwa rezim komunis China bertanggung jawab atas kematian Liu, mengatakan bahwa pihaknya tidak ragu untuk menghancurkan harapan terakhir Liu setelah menekan dan menganiaya dia selama beberapa dekade.

Yang meminta dukungan AS sehingga istri Liu, Liu Xia, yang telah diawasi ketat oleh pemerintah China, dapat bepergian ke luar negeri dengan bebas.

Pemimpin Minoritas Rumah Tangga Nancy Pelosi mengatakan bahwa mereka harus bekerja sangat keras untuk melindungi Liu Xia semoga bisa membawanya keluar dari China.

Ketua subkomite Christopher Smith meminta sanksi baru terhadap China karena menekan hak asasi manusia. (oca)

Komentar

Komentar