Home Breaking News Kim Jong Un Dorong Produksi Rudal Nuklir ICBM

Kim Jong Un Dorong Produksi Rudal Nuklir ICBM

212
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) bersama para pembantunya.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pemimpin Kim Jong Un, semakin dikritik oleh dunia internasional malah dia semakin menjadi- jadi. Media pemerintahnya melaporkan Kim mendorong miniatur senjata nuklir untuk diproduksi jadi rudal balistik antar benua, atau ICBM.

Televisi Sentral Korea, hari ini Minggu (10/9/2017) menayangkan rekaman Kim pada jamuan makan saat merayakan uji coba nuklir keenam Korea Utara. Ilmuwan yang terlibat dalam tes tersebut semuany diundang.

Pyongyang mengklaim bahwa tes 3 September adalah bom hidrogen yang dirancang untuk dibawa oleh ICBM.

Kim mengatakan bahwa ledakan tersebut merupakan kemenangan besar yang dimenangkan oleh orang-orang Korea atas biaya darah mereka.

Dia kemudian meminta penelitian ilmiah lebih lanjut untuk meningkatkan apa yang dia sebut “kemampuan pencegahan nuklir.”

Video tersebut menunjukkan Kim berbicara dengan pejabat senior yang terlibat dalam pembangunan nuklir, dan sebuah model rudal Hwasong-14 yang diputar ulang pada bulan Juli. Korea Utara mengklaim bahwa itu adalah sebuah ICBM.

Secara terpisah, penyiar juga menayangkan rekaman Kim dan istrinya menghadiri sebuah konser perayaan.

Sebuah layar di panggung konser menunjukkan gambar ledakan nuklir dan benda berbentuk kacang yang nampak seperti yang disebut oleh Korut sebagai bom hidrogen.

Menanggapi hal itu, Menteri pertahanan Jepang mengatakan Korea Utara memiliki kemampuan yang cukup untuk diakui sebagai tenaga nuklir.

Dalam sebuah acara di sebuah program NHK TV pada hari Minggu, Itsunori Onodera mengatakan bahwa uji coba nuklir ke-6 ke-6 pada tanggal 3 September mungkin merupakan bom hidrogen dengan perkiraan hasil ledakan 160 kiloton TNT. Dia mengatakan bahwa akan membuktikan teknologi negara tersebut terus membaik.

Dia menyebut kemampuan Korut saat ini sebagai ancaman utama, dan mengatakan apa yang ingin diperolehnya selanjutnya adalah rudal balistik antarbenua.

Onodera mengatakan bahwa jika tujuan akhir Korut adalah membuat hulu ledak nuklir yang bisa mencapai daratan Amerika Serikat, langkah selanjutnya bisa menjadi uji coba peluncuran ICBM.

Dia mengatakan bahwa Pasukan Bela Diri Jepang telah siaga sepanjang waktu, karena rudal tersebut kemungkinan akan diluncurkan di Jepang.

Dia mengomentari kemungkinan tindakan militer oleh Amerika Serikat, dengan mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump belum mengesampingkan tindakan militer akhir. Onodera menambahkan bahwa menurutnya Amerika Serikat akan berbagi informasi dengan Jepang dan Korea Selatan. (dewi)

Komentar

Komentar