Home Eksekutif Ketika Danau Toba Disulap Jadi Monaco of Asia

Ketika Danau Toba Disulap Jadi Monaco of Asia

601
Ketika obyek wisata Danau Toba disulap seperti keindahan di Monaco ini. foto dianaruntu.

Danau Toba, danau nomor tiga (3) terbesar di dunia. Bahkan paling antik sedunia. Betapa tidak? Di tengah danau ini terdapat beberapa pulau dan yangg terbesar yaitu Pulau Samosir yang luasnya lebih besar sedikit dari luas negara Singapura yakni 719,1 km².

Penduduk Pulau Samosir sekitar 95.000 orang tidak sebanyak dibanding luasnya. Tahun 80-an, pertumbuhan penduduk pulau ini nyaris zero (non) karena penduduk yang ke luar pulau lebih banyak daripada yang lahir di kawasan ini.

Sabagai danau yang berasal dari letusan gunung vulkanik, sekeliling danau ini penuh dengan bebatuan terjal dan banyak pinggir danau tidak berpantai. Tetapi langsung jurang yang sangat dalam.

Maka tidak terbantahkan bahwa danau dengan Pulau Samosir- nya betul- betul sangat indah ini akan semakin indah ketika benar nanti disulap menjadi Monaco-nya Asia.

Terlebih saat ini pariwisata Danau Toba akan digenjot secara besar-besaran oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi. Cespleng!

Bahwa untuk mendukung program itu, infrastruktur jalan akan diperbaiki, juga lapangan terbang berskala internasional, emaging tentunya.

Tak ayal, Rizal Ramli, Menko Maritim dan Sumber Daya, akan membuat Danau Toba sebagai Monaco of Asia.

Perpres sudah dikeluarkan sebagai dasar pembentukan suatu Badan pengelola pariwisata Danau Toba.

Masyarakat pada setempat atau warga Batak perantauan umumnya senang dengan program ini sehingga orang-orang Batak di perantauan bisa kembali ke tanah asal dengan senang hati.

Gambar di bawah adalah gambar danau toba dipagi hari. Gambar itu adalah celah menuju Onan Runggu, sebuah kota kecamatan yang sepi karena penduduknya jarang.

Disarikan Alfons Samosir.

Komentar

Komentar