Home Breaking News Kepala The Fed ‘KKN?’ Goodfriend Trump?

Kepala The Fed ‘KKN?’ Goodfriend Trump?

74
Kepala The Fed, Janet Yellen (tengah) dalam sidang rencana penaikan suku bunga acuan Amerika Serikat, Rabu malam (12/7/2017), live dari Capitol Hill Amerika Serikat.

WASHINGTON, CITRAINDONESIA.COM- Republikan di Capitol Hill, pekan ini akan mulai mempertimbangkan ekonom Marvin Goodfriend untuk mendapatkan kursi dewan Federal Reserve atau The Fed, akan menemukan banyak hal yang mereka sukai dalam kritiknya terhadap pembelian obligasi Fed, dukungan untuk inflasi rendah, dan kesepakatan bahwa Kongres seharusnya Beri batas ketat pada bank sentral.

Menggali lebih dalam dan gambarannya menjadi lebih kompleks, seorang akademisi yang telah berhasil mempertahankan gagasan kontroversial seperti suku bunga negatif, mengajukan uang pajak sebagai cara untuk menerapkannya, dan, seandainya dia memimpin, mungkin telah menunda kenaikan suku bunga lebih lama dari Ketua Fed Janet Yellen.

Dengan pandangan yang sekaligus merupakan sekolah tua dan provokatif, mantan kolega dan kenalan akademis mengatakan bahwa mereka mengharapkan Goodfriend mencoba membentuk kembali bagaimana Fed beroperasi, bagaimana hal itu melawan krisis di masa depan, dan bagaimana kaitannya dengan Kongres.

Yang terakhir terbukti bisa memecah belah, mengingat banyaknya pembuat kebijakan the Fed, termasuk calon Ketua Jerome Powell, yang skeptis terhadap politisi yang menerapkan pembatasan baru terhadap mereka.

‘Saya bermaksud untuk memanfaatkan pengalaman akademis dan profesional saya untuk mempromosikan kebijakan yang selanjutnya akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di Federal Reserve’, kata Goodfriend dalam kesaksian yang dipersiapkan untuk sidangnya yang dirilis hari Senin waktu AS (22/1/20) oleh Komite Perbankan Senat.

‘Marvin menjadi penyeimbang terhadap pemikiran yang lebih konvensional yang keluar dari pendirian Federal Reserve’,  kata Vincent Reinhart, kepala ekonom di Standish Mellon Asset Management dan seorang rekan lama sejak bertahun-tahun ketika Reinhart bekerja sebagai ekonom di dewan Fed dan Selamat tinggal di Federal Reserve Bank of Richmond.

‘Dia datang dari perspektif yang berbeda. Itu tidak akan mulus’, jelasnya.

Komite Perbankan Senat, Selasa (23/1/2018) dijadwalkan untuk mengadakan dengar pendapat atas nominasi Goodfriend oleh Presiden Donald Trump untuk bergabung dengan dewan The Fed, sebuah kelompok beranggotakan tujuh orang yang saat ini keduanya kekurangan dan di tengah transisi ke kepemimpinan baru.

Masa jabatan Yellen berakhir pada 3 Februari, dan setelah dia meninggalkan kantor, hanya ada tiga gubernur yang duduk – calon ketua masuk Jerome Powell, Wakil Ketua untuk Pengawasan Randall Quarles, dan Gubernur Lael Brainard.

Pencalonan Powell, gubernur Fed selama lima tahun yang telah mendukung pendekatan Yellen terhadap kebijakan, dipandang sebagai cara bagi Trump untuk memilikinya dua arah, menamai kursi Fed-nya sendiri sambil mempertahankan panggung untuk kelanjutan pendekatan gradualis Yellen terhadap menaikkan suku bunga. (reuters/dewi)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar