Home Breaking News Kementan Raih Prestasi Pertumbuhan Ekspor Beras

Kementan Raih Prestasi Pertumbuhan Ekspor Beras

503
Pejabat Fungsional Statistisi Pertanian, Pusat Data dan Sistem Informasi, Kementan, Sri Wahyuni.

DEPOK, CITRAINDONESIA.COM- Kementerian Pertanian (Kementan) diam-diam membuat prestasi besar yang sangat menonjol dari terobosan kebijakan dan program unggulan yang sejak Oktober 2014 hingga saat ini yakni pertumbuhan ekspor beras.

“Pertumbuhan yang sangat tajam ini diperoleh dari perbandingan volume ekspor Januari hingga Oktober 2016 dengan volume ekspor periode yang sama tahun 2016,” ungkap Pejabat Fungsional Statistisi Pertanian, Pusat Data dan Sistem Informasi, Kementan, Sri Wahyuni saat rapat penyusunan buku statistik ekonomi pertanian di Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12/2017).

Berdasarkan data neraca perdagangan sektor pertanian Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan volume ekspor beras konsumsi kurun waktu Januari hingga Oktober 2017 dibandingkan kurun waktu yang sama di tahun 2016 mencapai 4.227 persen. Kode HS beras konsumsi yang diekspor ini yakni 10063099.

Jebolan jurusan statistik Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menjelaskan pada kurun waktu Januari hingga Oktober 2016, volume ekspor beras konsumsi hanya 79 ton. Volume ini jauh lebih kecil disbanding volume ekspor yang didapat pada Januari hingga Oktober 2017 yang mencapai 3.434 ton.

“Pencapaian ini baru dalam sejarah Indonesia. Program Upaya Khusus peningkatan produksi dan percepatan swasembada salah satunya beras yang dicanangkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman adalah salah satu kunci mencapai ini,” terangnya.

Menurut Sri Wahyuni, program Upaya Khusus tidak sebatas pada peningkatan produksi, akan tetapi diikuti dengan kerja nyata peningkatan ekspor beras. Terbukti, pada bulan Februari 2017 Indonesia mencetak sejarah baru yaitu ekspor beras dari Merauke, Papua ke Papua Nugini.

Kemudian, pada momentum Hari Pangan Sedunia Oktober 2017, Menteri Amran kembali mengekspor beras ke Malaysia. Menteri Amran pun telah mengekspor beras organik Belgia.

“Beberapa daftar ekspor inilah menjadi bukti nyata bahwa terjadi pertumbuhan ekspor beras konsumsi Indonesia yang dahsyat,” sebut Sri Wahyuni.

Berdasarkan data BPS, adapun negara-negara yang telah mengimpor beras dari Indonesia pada bulan Januari hingga Oktober 2017 yaitu Amerika, Jerman, Belgia, Australia, Italia, Papua Nugini, Malasysia, dan Singapura. (Ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar