Home Breaking News Kementan- PT Pertani Kerja Sama Pasok Bibit Bawang Putih

Kementan- PT Pertani Kerja Sama Pasok Bibit Bawang Putih

328
Salah satu komoditi bawang putih yang dijual di pasar Kramat Jati, (Foto: Badia/citraindonesia.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kementerian Pertanian (Kementan) dan PT Pertani akan bekerja sama untuk memasok bibit Bawang Putih kepada para petani dan importir guna peningkatan produksi di Indonesia.

“Kebutuhan Bawang Putih kita kan selama ini sekitar 500 Ribu Ton per tahun namun dari total kebutuhan tersebut yang mampu dipenuhi dari dalam negeri hanya sekitar 20 ribu ton saja,” kata Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sudjono di Kantor Ditjen Hortikultura, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (19/5/2017).

Spudnik juga menyampaikan bahwa nantinya benih didalam negeri ini akan berasal dari petani lokal yang benih tersebut akan diserap oleh PT. Pertani.

“Benihnya nanti dari petani lokal dan para importir diwajibkan menanamnya karena sudah ada benihnya,” terang Spudnik.

Direktur Utama PT. Pertani, Wahyu menyampaikan bahwa, pihaknya telah bekerja dama dengan 6 sentra pertanian Bawang Putih di seluruh Indonesia dalam hal penyediaan bibit Bawang Putih seperti Bandung, Solok, Temanggung, Karanganyar, Bima, dan Lombok Timur.

“Yang sudah disepakati itu arealnya seluas 1.365 ha untuk tahap pertama. Kalau dikalikan 5 Ton untuk dijadikan benih maka ada sekitar 7.000 ton bibit dalam sekali tanamnya saja,” papar Wahyu.

Dirinya juga menjelaskan bahwa pihak Pertani akan selalu memprioritaskan bibit Bawang Putih lokal dan sampai saat ini belum ada pihak yang berniat untuk impor bibit tersebut dari negara lain.

“Sampai saat ini prioritaskan produksi dalam negeri terlebih dahulu ya,” ujar Wahyu. (Ning)

Komentar

Komentar