Home Breaking News Kementan-PKK Launching Gerakan Tanam 10 Juta Pohon

Kementan-PKK Launching Gerakan Tanam 10 Juta Pohon

817
Tampak Mentan Amran Sulaiman memberikan Bibit Cabai kepada Ketua IWAPI Nita Yudi. Photo Ningsih/citraindonesia.com).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK melaunching “Gerakan Peran Serta Masyarakat Dalam Pemanfaatan Pekarangan Untuk Ketahanan Pangan Keluarga Indonesia” secara serentak di 10 Provinsi yaitu: Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan Telekonfrensi antara Bapak Menteri Pertanian (Mentan) yang berlokasi di Jakarta bersama Ketua Tim Penggerak PKK yang berlokasi di Desa Glesungrejo Kec Baturetno Kab Wonogiri Jawa Tengah dengan masyarakat di 10 Provinsi.

“Gerakan optimalisasi pemanfaatan pekarangan memalui pemberdayaan wanita yang di koordinasikan oleh tim penggerak PKK di masing-masing wilayah seluruh Indonesia ini diawali dengan launching gerakan tanam 10 Juta pohon cabe di Cilodong pada tanggal 22 November 2016 dan dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama pada tanggal 30 November 2016 di Jakart,” papar Mentan Amran Sulaiman di Jakarta, Senin (10/4/2017).

Dipilihnya PKK sebagai mitra karena memiliki jaringan yang tersetruktur dari tingkat pusat sampai dasa wisma, sehingga dapat mendukung pelaksanaan optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara masif. Melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan khususnya penanaman cabai diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi gejolak harga pangan atau cabai.

“Dengan adanya pemberdayaan PKK untuk melakukan budidaya cabe dan sumber pangan lain pada pekarangan rumah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta peningkatan pendapatan, yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga sehingga mampu mewujudkan kemandirian pangan ditingkat rumah tangga,” jelasnya.

Dalam acara tersebut Menteri Pertanian juga memberikan sejumlah bantuan kepada 10 Provinsi tersebut berupa : Bibit Cabai sebanyak 150.000 bibit, ayam petelur 1.000 ekor, kultivator sesuai kebutuhan masyarakat 5 buah. (Ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar