Home Breaking News Kementan, BPS, BPPT, LAPAN, BIG, BPN Validasi Data Pangan!

Kementan, BPS, BPPT, LAPAN, BIG, BPN Validasi Data Pangan!

139
Jokowi saat acara pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Sri Lanka di Halaman Gudang Nomor 20, Kawasan Pergudangan Sunter, Bulog Drive DKI, Jl Perintis Kemerdekaan Nomor 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kelapa Gading, Selasa (14/2/2017).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kementerian Pertanian (Kementan RI), terus melakukan sinkronisasi atau perbaikan data yang dikoordinasikan dengan pihak BPS, BPPT, LAPAN, BIG, BPN dan lainnya sehingga nantinya data yang didapatkan itu valid adanya.

“Sesuai roadmap (Kementan), berbagai metode perbaikan data pangan sudah harus diselesaikan pada 2018,” kata Suwandi, Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan, dalam siaran pers dikirimkan Kabag Humas Kementan, Marihot H Panggabean ke redaksi citraindonesia.com, di Jakarta, Minggu (16/7/2017).

Perbaikan data tersebut lanjut Suwandi, guna menghindari kesimpangsiuran data yang ada. “Sudah ada kebijakan “satu data”  dikoordinasikan BPS. Saat ini BPS sudah menyusun roadmap untuk memperbaiki data pangan,” tambahnya.

Beberapa metode perbaikan pengumpulan data yakni BPS dengan BPPT mengembangkan metode Kerangka Sampling Area (KSA).

Kementan bersama LAPAN juga telah memanfaatkan satelit landsat-8  memantau data luas tanam dan panen padi detil sebaran spasial dan data tabular.

Data citra satelit ini resolusinya 1 pixel setara 30x30m atau 900m2 dan resolusi temporal 16 hari sekali.

Data hasil citra disajikan  transparan bisa akses publik ke: http://sig.pertanian.go.id. (olo)

 

Komentar

Komentar