Home Breaking News Kemenpar Dukung Pameran Adiwastra Nusantara 2017

Kemenpar Dukung Pameran Adiwastra Nusantara 2017

375
Kemenpar Dukung Pameran Adiwastra Nusantara 2017

JAKARTA, CITRAINDONESIAM.COM- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dukung penyelenggaraan Pameran Adiwastra Nusantara 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-9 April 2017 sebagai upaya menarik minat wisatawan khususnya bagi para pecinta kain tenun.

“Kemenpar dukung kegiatan ini karena ini kaitannya dengan kain tradisional. Dan ini menjadi salah satu aspek budaya yang bisa jadi daya tarik pariwisata,” ungkap Deputi Bidang Pemasaran Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Esthy menjelaskan, penyelenggaraan yang sudah masuk ke-10 ini merupakan bagian dari kegiatan culinery and shopping toursm maupun MICE.

Ketua Bidang Pameran Adi Wastra Nusantara, Edith Ratna menjelaskan bahwa, pameran tahunan ini akan memamerkan kain tradisional atau kain adat dari seluruh nusantara serta kegiatan lainnya.

“Pameran ini menghadirkan beraneka produk kain berupa sutera, batik dan aplikasinya, tenun, sulaman, bordir, fashion, dan produk tekstil lainnya. Mendukung pameran akan ada acara kompetisi wastra, seminar, fashion show, kontak bisnis, live music, dan juga tampilan seni budaya Nusantara,” bebernya.

Ia juga megutarakan bahwa pameran yang diikuti oleh sekitar 400 pengrajin ini juga akan diisi dengan Unggulan Nusantara dan Pengembangannya ke Masa Kini; Kompetisi Kain Besurek; Peluncuran Buku “Batik Betawi” karya Hartono Sumarsono; Pagelaran Bali Menari untuk Adiwastra Nusantara menampilkan “Pacitran Saraswati” dengan maestro penari Bulantriusna Djelantik dkk; serta kuliner khas dari berbagai daerah di Tanah Air.

Lanjutnya, pameran ini dinantikan masyarakat konsumen khususnya para pecinta dan pengguna kain adat yang semakin mendapat tempat istimewa di hati masyarakat termasuk generasi muda.

“Banyak perancang fashion menggunakan bahan wastra adat untuk rancangan batik “ready to wear” maupun “houte couture”. Kain-kain khas Indonesia seperti batik, ikat, songket mulai dikenal dan digemari di mancanegara,” bebernya. (Isr)

Komentar

Komentar