Home Breaking News Keluarga Gus Dur Terima Permohonan Maaf Sutan Batugana

Keluarga Gus Dur Terima Permohonan Maaf Sutan Batugana

121
Riangnya Presiden Gus Dur dan para sahabat.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Walau sempat keukeuh sebelumnya tidak akan minta maaf, namun Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana akhirnya luluh juga.

Ia secara meminta maaf kepada keluarga besar mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Ibarat gayung bersambut, keluarga besar Gus Dur juga menerima permintaan maaf dari Sutan Bhatoegana.

Sekedar diketahui, dalam sebuah dialog, Sutan menyebut  Gus Dur itu tidak bersih ketika menjadi presiden. Ketika itu Sutan silang pendapat dengan Adi Massardi.

Tapi itu sudah clear. “Sudah disampaikan permohonan maaf oleh Pak Sutan kepada keluarga dengan tulus dan ikhlas. Kami keluarga besar KH Abdurrahman Wahid juga mewakili kaum Nahdliyin menerima pernyataan maaf beliau,” kata Putri Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, di kediaman keluarga besarnya, di Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2012).

Bahkan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan Sutan Bhatoegana memenuhi janjinya mendatangi kediaman mantan Presiden Abdurrahman Wahid di Jalan Warung Sila Nomor 10, Ciganjur, untuk meminta maaf terkait pernyataan Gus Dur tidak bersih.

Yenny mengatakan, ada tiga hal penting dalam pertemuan yang patut dicermati, yakni terkait permohonan maaf Sutan dan penerimaan maaf dari keluarga besar Gus Dur.

Yenny menjelaskan, keluarga mengerti bahwa pernyataan Sutan bukan pernyataan Partai Demokrat.

Pelurusan sejarah bahwa Gus Dur lengser bukan karena korupsi, namun karena ketegangan antara MPR/DPR dengan pemerintahan kala itu.

Dalam pertemuan tersebut, Sutan sempat terlihat bersalaman dengan istri almarhum Gus Dur, Shinta Nur Wahid. Saat bersalaman, terjadi dialog di antara keduanya.

“Jangan sampai masalah ini menimbulkan kesalahpahaman karena masyarakat kita mudah tersentuh emosinya. Ini pelajaran kita semua, bahwa sebagai pemimpin harus bertindak arif bijaksana, karena itu akan merugikan kita semua, kalau yang enggak-enggak terluap,” kata Shinta kepada Sutan, Kamis.

Sementara itu Sutan mengaku ikhlas atas kedatangannya. Dia mengakui bahwa masalah tersebut berdampak terhadap Partai Demokrat.

“Di Cirebon ada orang Demokrat duduk-duduk dikejar-kejar,” kata Sutan kepada Shinta.

Sementara itu Anas Urbaningrum mengatakan dirinya lega dengan kedatangan Sutan ke kediaman keluarga Gus Dur. “Saya lega Sutan hari ini ‘sowan’ minta maaf. Ini sebagai perangkul,” kata Anas.

Sebelumnya, Banser dan kaum Nahdliyin di berbagai kota Indonesia memprotes keras pernyataan Sutan itu. Mereka menuntut mintaa maaf. Dan bahkan meminta pimpinan Partai Demokrat memecatnya. (adamson/ant)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar