Home SPORT Lain-Lain Kejurnas Karate, Mabesad Pimpin Perolehan Medali

Kejurnas Karate, Mabesad Pimpin Perolehan Medali

390
Panitia mengalungkan medali kepada pemenang salah satu nomor yang dipertandingkan dalam Kejurnas Karate Piala Panglima TNI-2016. (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) pada hari kedua Kejurnas Karate Piala Panglima TNI Ke-IV tahun 2016 untuk sementara unggul dalam perolehan medali dari 15 kelas yang dipertandingan.

Berikut data selengkapnya:
– Mabesad 10 Emas, 7 Perak dan 2 Perunggu
– Paspampres 2 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu
– Kopassus 1 Emas dan 6 Perunggu
– Kodam VII/Wrb 1 Emas, 1 Perak
– Kodam VI/Mlw 1 Emas dan 1 Perunggu
– Kodam XVI/Pattimura 3 Perak
– Mabesal 1 Perak dan 6 Perunggu
– Kodam XVII/Cen 1 Perak
– Kodam Jaya 2 Perunggu
– AAL 1 Perunggu
– Divisi 2/Kostrad 1 Perunggu
– Divisi 1/Kostrad 1 Perunggu
– Kodam IX/Udy 1 Perunggu
– Kodam V/Brw 1 Perak
– Kodam XII/Tpr 1 Perunggu.

Klasemen sementara kategori TNI diraih oleh Mabesad sebagai peringkat 1 (satu), Paspampres peringkat 2 (dua) dan Kodam VII/Wrb peringkat 3 (tiga).

Kejurnas Karate Piala Panglima TNI ke-IV tahun 2016 yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 19-21 Agustus 2016 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, diikuti oleh Peserta TNI (94 Kontingen), Peserta Umum (28 Perguruan Forki dan 33 Pengprov Forki), telah di buka secara resmi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Jumat (19/8/2016).

Brigjen TNI Patut Sudarsono selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kejurnas Karate Piala Panglima TNI ke-IV tahun 2016 yang sehari-hari menjabat Kapusjas Permildas TNI, saat menyaksikan pertandingan, Sabtu (20/8/2016) mengatakan bahwa Kejurnas Karate tahun ini lebih meningkat dari tahun lalu.

“Peminat pada pertandingan kali ini sangat lebih pesat, karena masuk dalam agenda Forki tahunan,” ucapnya.

“TNI juga menyiapkan hadiah untuk Juara Umum TNI, Juara Umum Kader Under-21. Bagi peserta TNI yang meraih best of the best, baik pria maupun wanita, akan dikirim ke Pelatnas Asia Karate Federation (AKF) pada November mendatang,” kata Brigjen TNI Patut Sudarsono.

Adapun kelas yang akan dipertandingkan adalah 2 (dua) kategori, terdiri dari : Kategori TNI mempertandingkan Kata dan Kumite Perorangan dan Beregu (Kelas Senior Putra & Kelas Senior Putri) ; Kategori Umum (PB / PP Perguruan dan Pengprov Forki) Kelas Cadet Putra & Putri (usia 14-15 tahun), Kelas Junior Putra & Putri (usia 16-17 tahun) dan Kelas Under – 21 Perorangan Putra & Putri. Merupakan ajang seleksi yang akan dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan Asia Karate Federation (AKF) Champhionships bulan November 2016 di Makasar.

Kejurnas Karate tahun ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan penonton dan pelatih. “Kejuaraan yang dilaksanakan di Mabes TNI sudah bagus, semua sarana yang ada sudah sesuai standart internasional, tetapi perlu ditambah falilitas untuk para atlet melaksanakan pemanasan,” ujar Ervin Sofiansori selaku Pengurus Besar Bekasi Karate Club (PB BKC)

Disela-sela pertandingan, Christine Veronica Sandra Taroreh, Bsc., DAN VII., selaku Pelatih dari Tim Mabesad menyampikan bahwa sudah yang ke 4 kalinya membawa Tim Mabesad memperoleh prestasi yang membanggakan, karena kami menyiapkan atlet-atlet yang mempunyai prestasi bagus ditingkat nasional. “Kita berikan motivasi yang tinggi kepada mereka, sehingga melalui motivasi ini mereka mempunyai mental yang sangat bagus, karena mental bertanding itu sangat penting untuk bisa menjadi juara,” ucapnya.

Sementara itu, Heru Sulistyo salah seorang penonton dari warga Pondok Ranggon, Jakarta Timur, menuturkan pertandingannya sangat seru dan meriah, karena masing-masing peserta menampilkan semua kemampuannya dalam lomba. “Sarana yang ada di GOR ini sudah bagus dan penonton tertib. Kedepan yang perlu diperbaiki adalah sarana pendukung diluar GOR, seperti Kantin dan pedagang Souvenir agar para penonton merasa nyaman,” harapnya. (*)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar