Home Breaking News Keinggintahuan Obama Tentang Candi Prambanan

Keinggintahuan Obama Tentang Candi Prambanan

124
Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama saat kunjungi Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengunjungi Candi Prambanan bersama istrinya, Michele Obama, dan dua putrinya, Malia dan Sasha. Terlihat keingintahuan Obama terkait 4 buah candi tersebut hingga banyak bertanya.

“Dia bertanya tentang Candi Prambanan dibangun kapan, bagaimana cara membangunnya. Kami jelaskan satu per satu,” kata pemandu sekaligus arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DI Yogyakarta, Manggar Sari Ayuwati, Kamis (29/6/2017).

Selama 1 jam kunjungi Candi tersebut, yang dikunjungi Obama, yaitu Candi Siwa, Candi Wisnu, Candi Nandi, dan Candi Brahma. Dari keempat Candi itu Obama paling lama berada di Candi Siwa. Dia berada di sekitar candi ini lebih dari 15 menit berkeliling.

“Ya melihat Candi Siwa. Selain itu melihat relief di Candi Siwa juga. Candi Siwa, candi paling besar di Candi Prambanan sehingga wajar jika Obama paling lama di sana,” ungkap Manggar.

Manggar menjelaskan kepada Obama bahwa pada awalnya Candi Prambanan ditemukan berceceran. Lantas candi tersebut disusun satu per satu seperti puzzle yang sangat besar kemudian disusun.

“Tadi saya tunjukkan proses menyusunnya juga dan saya katakan satu candi itu prosesnya tiga tahun hanya untuk persiapannya,” kata Manggar.

Manggar juga menyampaikan bahwa Barack Obama juga bertanya tentang fungsi candi apa saja. Ia juga menjelaskan arti-arti relief yang terpasang di Candi Prambanan.

“Kami jelaskan di penyusunan candi ada profesi pencari batu dan steller atau tukang setel batu. Profesi ini merupakan profesi langka dan menentukan dalam penyusunan sebuah candi,” terang Manggarsari.

Manggar mengaku senang melihat Obama sering berinteraksi dengan keluarga dan berdiskusi dalam kunjungan liburannya ke Candi Prambanan.

“Dia datang lebih santai karena kunjungannya wisata keluarga jadi banyak foto-foto mengalir dengan santai,” tutur Manggar. (*)

Komentar

Komentar