Home Breaking News Kecintaan Kyai Hasyim Muzadi Ke Ulama Sama Besarnya Kepada Indonesia

Kecintaan Kyai Hasyim Muzadi Ke Ulama Sama Besarnya Kepada Indonesia

188
Ketua Wantimpres Hasyim Muzadi. (Foto: Liputan6)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Saat hari wafatnya Kyai Hasyim Muzadi, Kamis (16/3/2017), salah seorang anggota keluarga menyampaikan bahw selama ini Hasyim Muzadi sangat mencintai Indonesia.

“Pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari beliau adalah kecintaannya kepada Ulama, sama besarnya dengan kecintaannya kepada Bangsa Indonesia. Dia selalu mengingingkan Negeri ini tetap bersatu,” ungkap M Nasiq, salah seorang keluarga Kyai Hasyim Muzadi, saat diwawancara Metrotv, di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Selain itu, pelajaran berharga yang juga dapat diambil dari Kyai Hasyim Muzadi adalah pekerja keras. Sehingga masa hidupnya, dia selalu menekankan dan memberi contoh untuk selalu bekerja keras.

“Dia selalu memberi contoh kepada kita anak-anaknya untuk selalu bekerja keras,” tambahnya.

Hal ini pun terbukti dari ungkapan Wakil Wali Kota Malang Sutiaji yang disampaikan, saat sempat menjenguk Kiai Hasyim di rumah sakit sebelum meninggal. Sutiaji menjenguk bersama Kapolda Jawa Timur Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya I Made Sukadana.

Wakil Walikota Malang Sutiaji mengatakan Kiai Hasyim melihat kondisi Indonesia saat ini dalam keadaan darurat karena adanya kelompok-kelompok yang berpotensi memecah belah bangsa.

“Saat sakit nangis beliau, beliau berpesan Indonesia dalam kondisi darurat. Ada ekstrem kanan dan ekstrem kiri. ‘Ulama, TNI, polisi harus bersatu’, begitu pesannya. Hari ini jawabannya, ada diselenggarakan pertemuan ulama NU di Semarang,” kata Sutiaji di Malang, seperti dikutip dari kbr.id, Kamis (16/3/2017).

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, yang juga mantan Ketua Umum PBNU periode 2000-2010, KH Hasyim Muzadi wafat di usia 72 tahun pada Kamis (16/3/2017) pagi tadi.

Meski begitu Sutiaji enggan menyebutkan secara detail mengenai persoalan bangsa secara detail, yang menyebabkan Kiai Hasyim melihat Indonesia dalam keadaan darurat.

Hari ini jenazah Kiai Hasyim Muzadi diberangkatkan dari Malang menuju Bandara Halim di Jakarta. Jenazah Hasyim Muzadi dimakamkan di Depok Jawa Barat yang berdekatan dengan pondok pesantren Al-Hikam yang diasuhnya semasa hidup. (pemi)

Komentar

Komentar