Home Breaking News Kecam Rencana Trump Bor Minyak di Kawasan Lindung

Kecam Rencana Trump Bor Minyak di Kawasan Lindung

63
Kilang minyak di tengah laut. (Foto: Hires)

AS, CITRAINDONESIA.COM- Administrasi Trump usulkan rencana kontroversial membuka kawasan lindung di samudra Pasifik dan Atlantik untuk pengeboran minyak lepas pantai.

‘Rencana 5 tahun tersebut memperluas pengeboran termasuk California dan Maine, di mana pengeboran telah diblokir selama beberapa dekade’, lapor bbc, Jumat (5/1/2018).

Kecaman keras datang dari para pemerhati lingkungan menyebutnya “pemberian (Trump) memalukan” kepada industri minyak.

Langkah tersebut memenuhi janji Presiden AS Donald Trump untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi domestik.

Sekretaris Perusahaan AS, Ryan Zinke mengumumkan rencana tersebut pada hari Kamis (4/1/2018), dengan mengatakan akan meningkatkan ekonomi AS.

‘Ini adalah perbedaan yang jelas antara kelemahan energi dan dominasi energi’, katanya kepada wartawan dalam sebuah konferensi. ‘Kita akan menjadi negara adidaya energi terkuat’, sambutnya.

Draft Five Year Outer Continental Shelf Program Leasing Minyak dan Gas Bumi, yang akan menjadi rencana pengeboran paling ekspansif dalam beberapa dekade, segera ditentang oleh sebuah koalisi dari 60 kelompok lingkungan, belasan pejabat Jaksa Agung dan lebih dari 100 anggota parlemen AS.

‘Perairan samudera ini bukan taman bermain pribadi Presiden Trump‘, bunyi sebuah pernyataan ditandatangani oleh anggota Sierra Club, Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, Pemilih Konservasi Liga dan kelompok lingkungan lainnya.

‘Mereka milik semua orang Amerika dan masyarakat menginginkan mereka dilindungi dan dilindungi, tidak dijual ke perusahaan minyak multinasional’.

Pembicara Partai Republikan, Paul Ryan menyebut pengumuman tersebut sebagai ‘berita bagus’.

Sementara itu, Senator Demokrat asal New Hampshire Maggie Hassan memperingatkan bahwa pengeboran lepas pantai telah menyebabkan insiden yang menghancurkan.

Gubernur Republik Maryland, South Carolina dan Florida menentang pengeboran lepas pantai.

Sementara, Gubernur Florida Rick Scott mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa dia meminta bertemu Zinke untuk menyampaikan rasa keprihatinannya dengan rencana terbaru tersebut.

‘Prioritas utama saya adalah memastikan bahwa sumber daya alam Florida dilindungi. Oleh karena itu saya mengusulkan $ 1,7 miliar untuk lingkungan dalam anggaran tahun ini’, katanya dalam sebuah pernyataan. (linda)

 

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar