Home Breaking News Kasus Sarpin, Polri Periksa 2 Komisioner KY

Kasus Sarpin, Polri Periksa 2 Komisioner KY

130
Hakim Sarpin Rizaldi yang menyidangkan gugatan praperadilan BG. (man)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Direktorat Tindak Pidana (Dit Tipidum) Umum Bareskrim Mabes Polri, Senin (28/9/2015), memeriksa dua komisioner Komisi Yudisial (KY) atas tuduhan pencemaran nama baik hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan Sarpin Rizaldi.

Pemeriksaan terhadap kedua komisioner tersebut, yakni Suparman Marzuki dan Taufiqurrohman Syahuri, untuk melengkapi berkas acara perkara (BAP) yang pada Agustus lalu dinyatakan belum lengkap (P19) oleh Kejaksaan Agung.

Menurut informasi, pemeriksaan terhadap Suparman didasari surat panggilan S.Pgl/2695/IX/2015/Dit Tipidum tertanggal 18 September 2015 yang beredar di kalangan wartawan, dan dilakukan sejak pukul 10:00 WIB.

Sementara pemanggilan terhadap Taufiqurrohman didasari surat panggilan bernomor S.Pgl/2540/IX/2015/Dittipidum tertanggal 28 September 2015, dan dijadwalkan sejak pukul 9:00 WIB.

Taufiq dan Suparman ditetapkan sebagai pada Juli lalu. Mereka dilaporkan Sarpin karena komentar-komentarnya terkait putusan Sarpin terhadap gugatan praperadilan Komjen Pol Budi Gunawan yang sempat memicu kehebohan, dianggap mencemarkan nama baik Sarpin.

Pemerintah melalui mantan Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno sempat berupaya akan kedua pihak yang berseteru ini melakukan islah, namun sebelum terealisasi, Tedjo dicopot Presiden Jokowi dan diganti Luhut Binsar Panjaitan.

Sarpin sendiri dalam sejumlah kesempatan mengaku enggan untuk islah, sementara Bareskrim tak dapat mencampuri urusan islah ini karena kasus yang dilaporkan Sarpin bersifat delik aduan.

Bareskrim menjerat Suparman dan Taufiq dengan pasal 310 atau 311 KUHP tentang pencemaran nama baik dan fitnah. (man)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar