Home Breaking News Kaspersky Bongkar Penyadap NSA

Kaspersky Bongkar Penyadap NSA

151

MOSKOW, CITRAINDONESIA.COM – Gonjang-ganjing tentang upaya penyadapan pemerintah Australia terhadap pemimpin tertinggi di Indonesia, seperti terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan kini terhadap Presiden Jokowi, hingga kini belum tuntas terbukti. Tapi peneliti dari Kaspersky di kota Moskow, Rusia, malah mengumumkan mereka telah membongkar penyadap canggih NSA.

Peneliti Kaspersky mengumumkan telah menemukan platform penyadap canggih yang dipakai Badan Keamanan Nasional AS (NSA). Platform yang disebut EquationDrug atau Equestre itu dianggap sebagai platform mata-mata yang sangat berkualitas tinggi. Platform ini digunakan untuk menyebarkan 116 modul dalam menargetkan komputer yang menyedot data dan memata-matai korban.

“Sangat penting dicatat, EquationDrug bukan hanya Trojan, tetapi ini adalah sepenuhnya platform mata-mata, yang mencakup kegiatan mata-mata siber,” ujar peneliti Kaspersky dalam sebuah laporannya dikutip The Register seperti dikutipĀ www.ristek.go.id, Jumat (13/03/2015).

Peneliti mengatakan platform canggih ini juga digunakan malware, mata-mata Regin dan Epic Turla. Platform canggih itu diduga merupakan bagian dari kampanye NSA dalam mengidentifikasi malware pada hard disk. Platform itu juga dilahirkan untuk menggantikan platform usang EquationLaser dan GrayFish. Kaspersky menyebutkan arsitektur platform ini didesain dengan sangat hati-hati dalam mendukung tugas mata-mata.

Misalnya, bicara soal kualitas modul tambahan pada platform. Modul itu ditambahkan melalui sistem file kustom terenskripsi yang dijamin membingungkan mayoritas ahli keamaman.

Sebagain besar pengidentifikasi khusus dan kode nama pada model disebutkan terenskripsi dan terkaburkan. Modul juga punya kemampuan dengan nomor identifikasi khas.

Peneliti Kaspersky mengaku telah menemukan 30 modul dari perkiraan 116 modul yang ada. “Plugin kami, menemukan mungkin mewakili hanya sebagian kecil dari potensi penyerang,” kata peneliti. (one)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar