Home Breaking News Jokowi Nantikan Indonesia Raya Berkumandang Di SEA Games

Jokowi Nantikan Indonesia Raya Berkumandang Di SEA Games

182
Presiden Jokowi saat melepas Kontingen Indonesia yang akan berlaga di SEA Games XXIX Tahun 2017, Kuala Lumpur, Malaysia, di halaman tengah Istana Merdeka, Senin (7/8). (Foto: setkab)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas Kontingen Indonesia yang akan berlaga di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games XXIX Tahun 2017, Kuala Lumpur, Malaysia, di halaman tengah Istana Merdeka, Senin (7/8/2017).

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengingatkan, bahwa mereka ada di sana, berlaga, berebut medali di sana mewakili Indonesia, negara yang sudah 10 kali menjadi juara umum di SEA Games.

“Ini perlu diingat. Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Asia Tenggara, 250 juta penduduk, yang mendukung Saudara-saudara untuk mengharumkan nama bangsa dan negara,” tegasnya.

Para atlet, official, dan pelatih berkumpul di halaman tengah Istana Merdeka menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian laporan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, selanjutnya penyerahan bendera Merah Putih dari Presiden kepada Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia ke SEA Games XXIX Tahun 2017 Azis Syamsuddin.

Presiden menegaskan, apabila para atlet yang berlaga di SEA Games XXIX jatuh, maka 250 juta rakyat Indonesia akan ikut menangis. Sebaliknya, saat mereka bangkit, 250 juta rakyat Indonesia juga akan bersorak gembira. Sebab mereka merasakan kemenangan setiap Indonesia.

Satu hal yang lebih penting daripada meraih medali di SEA Games, menurut Presiden Jokowi, adalah kontingen Indonesia menunjukkan pada dunia bahwa bangsa kita adalah bangsa yang tangguh, bangsa yang sanggup bersaing, bangsa yang bermental pemenang, yang menjunjung tinggi fair play, yang menjunjung tinggi disiplin.

“Jadilah sumber inspirasi, sumber optimisme bagi seluruh rakyat Indonesia yang akan menyaksikan perjuangan Saudara-saudara semuanya,” pesan Presiden.

Kepala Negara tidak lupa mengucapkan selamat berjuang mengharumkan nama Indonesia, mengharumkan nama negara, mengharumkan nama bangsa.

“Dari tanah air saya menanti lagu Indonesia Raya berkumandang SEA Games ke XXIX, dan bendera Merah Putih berkibar dengan gagah mewakili kebanggaan bangsa Indonesia,” tegas Kepala Negara.

Seusai Presiden Jokowi memberikan arahan, acara ditutup dengan doa bersama. Sementara di akhir acara diadakan foto bersama dan ada penampilan bela diri dari kontingen Pencak Silat Indonesia, serta pertandingan tenis meja antara Presiden Joko Widodo dan Erik Tohir melawan Susi Susanti dan Yopie Warsono.

Tampak hadir dalam acara pelepasan Kontingen Indonesia ke SEA Games XXIX Tahun 2017 ini antara lain Menko PMK Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menpora Imam Nahrowi, Ketua KOI Erick Tohir, Ketua Umum KONI Tono Suratman, Ketua Satuan Umum Pelaksana Program Indonesia Emas Sutjipto, Chief de Mission Kontingen Indonesia SEA Games XXIX tahun 2017 Azis Syamsudin, seluruh atlet, official dan pelatih Kontingen Indonesia SEA Games XXIX tahun 2017. (*)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar