Home Breaking News Jokowi : Kita Ubah Pradigma Budidaya Pertanian Jadi Agrobisnis Modern

Jokowi : Kita Ubah Pradigma Budidaya Pertanian Jadi Agrobisnis Modern

113
Presiden Jokowi di Bursa Efek Indonesia.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Jokowi, kini tengah memberikan tugas berat Kementerian Pertanian dan lembaga terkait termasuk BUMN, untuk mengubah paradigma petani budidaya menjadi agrobisnis modern untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Inilah paradigma harus kita ubah. Jangan sampai kita terlalu berkutat pada sektor budidaya yang berkaitan dengan pupuk, dengan benih, insektisida,” tegas Kepala Negara dalam pengantar Rapat Terbatas tentang Mengkoroporasikan Petani di Istana Negara, Selasa (12/9/2017).

Menurutnya, peningkatan kesejahteraan petani atau nilai tukar petani  (NTP) beberapa tahun terakhir berkutat pada on farm-nya, budidaya bahkan cenderung melupakan proses bisnisnya. Padahal, nilai tambah yang tinggi, nilai tambah besar berada pada proses agrobisnisnya.

Bahkan Presiden meminta pemerintah membina para petani agar kelak mereka memiliki industri benih, aplikasi produksi moderen, serta penggilingan padi modern. Harganya tidak mahal. Dan bila penting program ini di-back up perbankan.

Lanjut Jokowi : “Asal hitung-itungan fisibel, asal bank masuk ke sana, dan dihitung bankable. Ya.. itu yang kita cari,” pungkasnya seraya mengatakan “Proses-proses bisnis, proses-proses agrobisnis seperti inilah sebetulnya memberikan nilai tambah yang besar,”. (friz)

 

Komentar

Komentar