Home Breaking News Jokowi Gelar Upacara Sambut Presiden Chile

Jokowi Gelar Upacara Sambut Presiden Chile

2537
Presiden Jokowi pada Peringatan KAA Tahun 2017, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/4/2017) siang. (Foto: JAY).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar upacara penyambutan kenegaraan untuk Presiden Chile Veronica Michelle Bachelet Jeria, di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (12/5).

Seperti diberitakan Ekshinta.com, Presiden Michele Bachelet tiba di pintu gerbang Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB. Begitu tiba di Istana Merdeka, Presiden Michele Bachelet langsung disambut Presiden Jokowi dengan menyalami tamu negara itu.

Ketika melintasi jalan di sekitar Istana Merdeka, Presiden Chile juga disambut oleh sejumlah anak yang mengenakan pakaian adat Indonesia dan membawa bendera kedua negara.

Presiden yang mengenakan setelan jas warna biru tua dan dasi merah didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan baju atasan warna ungu. Tampak sejumlah menteri Kabinet Kerja antara lain Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung.

Acara kemudian dilanjutkan dengan menuju ke tempat upacara yang diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara diiringi marching band Pasukan Pengamanan Presiden serta dentuman meriam.

Kedua pemimpin negara itu juga melakukan inspeksi pasukan diiringi dengan lagu Maju Tak Gentar.

Setelah rangkaian upacara penyambutan, acara dilanjutkan dengan foto bersama, pertemuan di Veranda Talk Istana Merdeka, pertemuan bilateral, penandatanganan nota kesepahaman dan pernyataan pers bersama.

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri menyampaikan keterangan bahwa Michelle Bachelet melakukan kunjungan kenegaraan di Indonesia pada 11-12 Mei 2017.

Pada kunjungannya, Presiden Chile akan melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi untuk membahas penguatan kerja sama Indonesia-Chile.

Presiden Michelle Bachelet memfokuskan diskusi untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, kelautan serta perikanan, termasuk kerja sama sosial budaya. Kunjungan Presiden Chile itu memiliki arti penting yang sejalan dengan prioritas Pemerintah RI dalam upaya untuk meningkatkan akses pasar bagi produk-produk Indonesia di pasar prospektif di wilayah Amerika Selatan.

Selama berada di Indonesia, Presiden Michelle Bachelet juga rencananya akan menghadiri seminar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) RI-Chile. Presiden Chile juga akan menggunakan kesempatan kunjungannya untuk mengadakan pertemuan di Sekretariat ASEAN serta peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Chile merupakan mitra dagang terbesar ketiga Indonesia di wilayah Amerika Selatan. Pada 2016, volume perdagangan RI-Chile mencapai 227 juta dolar Amerika Serikat (AS) dengan surplus di pihak Indonesia sebesar 60,5 juta dolar AS.

Rencana Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) RI-Chile yang saat ini sedang dinegosiasikan memiliki potensi meningkatkan perdagangan bilateral, investasi, serta menjadikan Chile sebagai pintu masuk utama bagi produk-produk Indonesia di pasar Amerika Selatan. (*)

Komentar

Komentar