Home INTERNASIONAL Jepang Peringati 72 Tahun Jatuhnya Bom Nagasaki Tahun 1945

Jepang Peringati 72 Tahun Jatuhnya Bom Nagasaki Tahun 1945

156
Korban bom atom di Nagasaki tahun 1945.

JEPANG, CITRAINDONESIA.COM- Bom Nagasaki diperingati untuk yang ke 72 tahun, atas jatuhnya atom AS, yang juga membuat Indonesia merdeka tahun 1945 dari tangan penjajahan Jepang.

Orang-orang di seluruh kota itu memanjatkan doa kepada yang maha kuasa agar arwah mereka yang meninggal diterima di sisinya dan mereka berharap dunia yang damai.

Berdoa di Peace Park dekat Ground Zero, seorang korban selamat berusia 70 tahun : “Kita tidak boleh melupakan hari pemboman atom. Upaya ini penting untuk melindungi perdamaian dunia.” ujarnya kepada nhk, Rabu (9/8/2017).

Seorang gadis sekolah dasar berkata, “Saya berdoa untuk sebuah dunia tanpa senjata nuklir. Saya ingin membiarkan orang tahu betapa berharganya kedamaiannya.”

Seorang pria berusia 88 tahun mengatakan dia meletakkan surat di kuburan orang tuanya setiap tahun. Dia mengatakan.

“9 dari anggota keluarga saya terbunuh oleh bom, saya adalah satu-satunya yang selamat. Senjata nuklir tidak boleh digunakan lagi.”

Di sudut dekat Ground Zero, sekitar 100 remaja membentuk rantai manusia. Mereka mendesak pemerintah Jepang bergabung dalam perjanjian internasional yang melarang senjata nuklir. (ling)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar