Home Pariwisata Kuliner Jelang imlek, Fook Yew Sediakan Yee Shang Menu Khas Tiongkok

Jelang imlek, Fook Yew Sediakan Yee Shang Menu Khas Tiongkok

259
Yuk santap Yee Shang menu khas tiongkok di Grand Indonesia Jakarta. Photo Isra Berlian/citraindonesia.com).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pernah rasakan ingin memakan makanan namun harus didahului dengan berbagai doa? Datang saja ke Fook Yew, untuk rasakan sensasi makan Yee shang, salah satu menu khas imlek restauran ini.

Etnis Tionghoa memiliki sederet tradisi menyambut tahun baru Imlek, yakni berkumpul dan makan bersama seluruh keluarga. Dan saat tahun baru tiba, selain kue keranjang, ada juga hidangan Yee Shang yang memang hanya dibuat pada saat Imlek.

Tak ingin melewatkan hal itu, Fook Yew pun ikut mengambil bagian dari peringatan tahun baru dengan menyajikan menu Yee shang.

“Ini merupakan tradisi masyarakat Tionghoa setiap tahun baru Imlek. Mereka ingin merayakan bersama keluarga,” ujarnya ujar Assistent Brand Manager Fook Yew, Cynthia V. Utami kepada awak media saat ditemui di Fook Yee, Grand Indonesia Jakarta, Senin Sore (16/1/2017).

Yee Shang yang artinya kemakmuran ini, disajikan 80% terdiri dari bahan sayur mentah mulai dari daun ketumbar, pepaya, jeruk bali, kulit jeruk, buah pala, kacang, gula, jahe, kol ungu, wijen, bawang merah, kentang yang diiris menyerupai korek api, lobak dan wortel.

Nah di restauran ini pun memberikan sensasi yang beda pula, dimana bahan utama hidangan ini yang biasanya adalah ikan salmon tapi pada gerai restaurant ini menyajikannya dengan kepiting soka tepung.

“Ini dikarenakan ingin memberikan nuansa yang berbeda,” tambahnya.

Sedangkan untuk bumbunya sendiri terdiri dari lada dan kayu manis sedangkan untuk sausnya sendiri ada minyak plump, dan minyak.

Oya, sebelum disantap kepiting soka tepung tadi sebelumnya sudah dicampurkan dengan minyak dan minyak plump.

Setelah itu aduk semua bahan menjadi satu. Namun untuk mengaduknya pun harus ada doa yang dipanjatkan terlebih dahulu yang memiliki makna tersendiri.

“Maknanya sih sebenarnya agar diperlancar segala bisnis, dijauhkan dari masalah, dan diberi panjang umur,” tambahnya.

Berikut ini tata cara menyajikan Yee Shang yang dipraktekkan oleh salah satu chef Fook Yeww.

Pertama, masukkan kepiting soka goreng tepung, nah dalam wadah sayuran yang besar.

Kedua, setelah itu masukkan lada bubuk.

Ketiga, masukkan bubuk kayu manis.

Keempat, masukkan minyak pala.

Kelima, dilanjutkan dengan menambahkan minyak.

Keenam, memasukkan kerupuk pangsit

Kemudian aduk keseluruhan bahan. Chintya, menjelaskan bahwa menurut tradisi, ketika diaduk dengan saus, kepiting soka tepung dan sayuran harus diangkat tinggi-tinggi di atas piring.

“Semakin tinggi Yee Shang terangkat, maka semakin baik pula peruntungan yang akan didapat pada tahun yang baru,” papar salah satu chef Fook Yew.

Nah untuk menu ini sendiri akan hadir pada 9 Januari hingga 12 Februari 2017 dengan harga Rp228.000. (Isr)

Komentar

Komentar