Home Breaking News Iyan, Petani Soreang Sumringah Dapat Alsintan dan Benih Unggul dari Kementan

Iyan, Petani Soreang Sumringah Dapat Alsintan dan Benih Unggul dari Kementan

187
Tampak Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman rangkul Iyan, seorang petani Desa Soreang, Bandung. Photo Ningsih/citraindonesia.com).

BANDUNG, CITRAINDONESIA.COM- Petani manasih yang tak senang dan sumringah ketika mendapatkan bantuan berupa alat pertanian (alsintan) hingga bibit unggul untuk dia tanami demi mensejahterakan keluarga?

Itulah yang dialami oleh Iyan, seorang petani Desa Soreang, Kabupaten bandung, Jawa Barat, yang selama ini tidak menyangka akan menerima rezeki nonpolok dari seorang Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Sabtu (21/1/2017).

Lantas apa kata sang petani penerima barang- barang kebutuhannya untuk menyambung hidupnya bersama keluarga kecilnya itu?

“Saya mewakili para petani lainnya banyak terima kasih kepada bapak Menteri (Andi Amran Sulaiman), karena sampai saat ini sudah memberikan bantuan benih dan alsintan yang sangat kami butuhkan memperlancar pelaksanaan pertanian kita,” ungkap Iyan dari Kelompok Tani Mandiri Desa Kopo, dihadiri Menteri Pertanian Menteri Amran Sulaiman saat Melakukan panen di Desa Soreang Kabupaten Jawa Barat, Sabtu (21/1/2017).

Iyan juga memperkirakan volume produksinya meningkat sekitar 50 persen menyusul datangnya bantuan tersebut. “Meningkat sekitar 50 persen dari sebelumnya,” jelasnya.

Bantuan dari Menteri Amran memang tak tanggung- anggung. Bahwa petani di deerah ini tahun 2016 sudah menyerahkan Traktor roda dua 337 unit, Traktor roda empat 13 unit, pompa air 294 unit, rice tranplanter 10 unit dan handspayer 622 unit.

Lantas Menteri Pertanian Amran Sulaiman, menyatakan: “Kami akan terus membantu dan menyayangi para petani agar dapat membantu tercapainya swasembada pangan dan terus mensejahterakan petani,”.

Adapula tambahan bantuan untuk seperti 25 unit pompa, 15.000 Ha benih jagung, 1 unit traktor roda dua kelompok tani mandiri 2 desa kopo Kec. Kutawaringin, 500 ekor Itik ke kelompok tani itik cipedung makmur desa kopo kec. Kutawaringin, 1 unit combine harvester, 1 rice transplanter, 5 traktor roda dua kelompok gempita (gerakan pemuda tani) Kabupaten Bandung, 10 Ha bawang kelompok tani tricipta desa mekarmanih kec cimenyan.

“Saya berharap agar tambahan bantuan tersebut benar-benar bisa dikelola oleh petani atau kelompok tani tersebut,” jelas Amran. (ning)

Komentar

Komentar