Home Breaking News Isu Proteksionisme AS Dibahas Menteri WTO

Isu Proteksionisme AS Dibahas Menteri WTO

93
Dirjen WTO Roberto Azevedo, tampak tersenyum lebar ketika didoorstop para awak media.

BRAZIL, CITRAINDONESIA.COM- Proteksionismen menjadi salah satu isu hangat dibahas para Menteri negara anggota World Trade Organization.

‘Menyerukan sistem perdagangan multilateral yang lebih kuat di tengah meningkatnya ancaman proteksionisme AS‘, ujar Direktur Jenderal WTO Roberto Azevedo hari ini.

Seperti diketahui bahwa pertemuan menteri 4 hari itu dibuka di Buenos Aires, Ahad kemarin.

Fokusnya adalah pada apakah badan perdagangan dunia dapat mencapai kemajuan dalam menetapkan peraturan untuk perdagangan multilateral.

Seperti diketahui, Amerika Serikat mencoba menempatkan prioritas pada kesepakatan bilateral di bawah ‘kebijakan pertama Amerika’.

Dalam pertemuan tersebut, mulai berkembang. Jepang, misalnya ingin melobi peraturan baru tentang e-commerce.

Di bawah Menteri Perdagangan dan industri Hiroshige Seko, Jepang juga berencana bertemu pejabat AS dan Uni Eropa untuk mencari terobosan dalam perundingan perdagangan saling menguntungkan.

Sebelumnya, WTO meluncurkan perundingan liberalisasi perdagangan Putaran Doha pada tahun 2001, namun perundingan telah macet karena perpecahan antara negara kaya dan miskin.

Amerika Serikat dipimpin oleh Perwakilan Dagang Robert Lighthizer. Dia akan meminta reformasi kelembagaan WTO dan kebijakan perdagangan berbasis pasar yang adil.

Sidang berjalan dinamis, masing- masing negara mengajukan kepentingan perkembangan perekonomian negaranya. (linda)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar