Home Breaking News Inidia Makanan Favorit Para Pahlawan

Inidia Makanan Favorit Para Pahlawan

191
Kuliner saat mengenang Pahlawan. (Foto: pinterest.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Sekian abad berjuang melawan penjajah demi kemerdekaan Indonesia tercinta, para pahlawan ini tak kenal kata lelah. Sibuk menyusun strategi membela tanah air pun tak menjadi halangan untuk menyukai banyak hal.

Menyukai kuliner, misalnya. Para pejuang ini memiliki berbagai macam hidangan favorit. Bahkan, salah satu dari mereka meramu sendiri masakan tersebut.

Berikut makanan favorit para pahlawan kita, seperti dikutip citraindonesia.com dari laman bintang, di Jakarta, Jumat (10/11/2017).

1. Soekarno

Gambar terkait

 

 

Siapa tak kenal presiden pertama Republik Indonesia ini? Ternyata makanan pokok Bung Karno adalah nasi jagung. Beliau pernah mengungkapkan bahwa jagung melambangkan dunia tani karena lebih menunjukan kekuatannya bila dibandingkan dengan beras.

Kandungan gula yang dimiliki pun lebih rendah dari nasi ataupun roti. Itu yang menyebabkan jagung lebih menyehatkan. Selain nasi jagung, beliau juga menyukai sayur lodeh, rawon, dan sate, loh!

2. Bung Hatta

Gambar terkait

 

 

 

 

Makanan yang dimakan Wakil Presiden pertama Indonesia ini bermacam-macam. Namun beliau lebih mengutamakan sayur-mayur. Bung Hatta lebih suka memakan sayur daripada buah-buahan. Makanan yang beliau sukai pun beragam, seperti sambel goreng buncis, tumis kangkung, sayur bening bayam, sayur asem, semur tebu telur, singgang ayam dan soto.

3. R.A Kartini

Hasil gambar untuk R.A Kartini

 

 

 

Pahlawan yang dikenal sebagai feminis ini juga memiliki banyak makanan favorit. Di antaranya adalah, ayam besengek, bebek betutu, ayam bakar siliwangi, gapitan daging Kediri, dan ayam goreng kembang desa.

4. Pangeran Diponegoro

Hasil gambar untuk Pangeran Diponegoro

 

 

Lahir dengan nama asli Bendara Pangeran Harya Dipanegara, beliau merupakan tokoh besar dalam sejarah Indonesia yang mengobarkan Perang Jawa (1825-1830). Perkara makanan, beliau sangat selektif. Makanan yang biasa dimakan antara lain roti putih, serta kentang Belanda yang dimakan dengan sambal dan keripik

5. Bendara Raden Mas Dorodjatun

Hasil gambar untuk Bendara Raden Mas Dorodjatun

 

Lebih dikenal dengan Sri Sultan Hamengkubuwana IX. Beliau adalah salah seorang Sultan yang pernah memimpin di Kasultanan Yogyakarta (1940-1988) dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang pertama setelah kemerdekaan Indonesia. Makanan kesukaannya ialah bebek suwar-suwir yang diciptakannya sendiri. Bebek ini disajikan seperti steak dengan setup nanas.

6. Cut Nyak Dhien

Gambar terkait

 

Pahlawan yang terkenal karena berjuang dengan gigih melawan Belanda saat perang Aceh. Makanan kesukaannya adalah gulèe eungkôt kreuling. Hal itu diketahui saat sang pahlawan Aceh ini bertemu dengan Habib Meulaboh, sekitar tahun 1900. Saat itu, Habib sudah menyediakan gulèe eungkôt kreuling untuk menyambut kedatangan Cut Nyak yang datang diam-diam agar tidak diketahui Belanda.

Ternyata pahlawan juga memiliki banyak makanan favorit ya! Apa makanan kesukaanmu sama seperti para pejuang di atas?

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar