Home Breaking News Inidia Cara Bengkulu Tekan Penderita Tuberkulosis

Inidia Cara Bengkulu Tekan Penderita Tuberkulosis

686
Peringatan Hari Tuberkulosis sedunia di Bengkulu, Sabtu (4/1/2017).

BENGKULU, CITRAINDONESIA.COM- Provinsi Bengkulu optimis angka penderita Tuberkulosis (TB) bisa ditekan. Menggandeng Ormas Asyiyah Bengkulu, Dinkes Provins Bengkulu mencanangkan program ‘ketuk pintu’.

“Aksi ‘ketuk pintu’ ini dimaksudkan untuk memperluas cakupan pencarian penderita TB di daerah yang di sinyalir banyak terdapat masyarakat yang terjangkit TB tersebut,” kata Pimpinan Wilayah ‘Asyiyah Provinsi Bengkulu Zurnawati, dalam peringatan hari Tuberkulosis sedunia, Sabtu (1/4/2017).

TB merupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya Mycobacterium tuberculosis.

Zurnawati, menargetkan 1.400 rumah di tiap kabupaten/kota yang akan diketuk pintunya. Dengan demikian, Provinsi Bengkulu dapat bebas dari penyakit tersebut.

“Pada bulan Maret lalu, kami telah menemukan penderita TB sebanyak 49 orang di 3 wilayah. Dimana ada 13 orang penderita TB di Kota Bengkulu, 10 orang di Kabupaten Rejang lebong, dan 26 orang di Kabupaten Lebong,” ungkapnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu Edriwan Mansyur mengatakan, pada tahun 2016 terdapat 1.838 penderita TB di Indonesia. Ironisnya, sebanyak 9.257 orang atau 19,9% penderita TB itu ada di Provinsi Bengkulu.

“Artinya masih banyak penderita yang belum ditemukan dan belum di obati, dan itu masih menjadi sumber penular,” jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, ia pun minta afar masyarakat proaktif untuk melaporkan penderita. Sehingga mata rantai penularan penyakit yang dapat menyebabkan kematian tersebut bisa diputus.

“Dari aksi ketuk pintu ini, kita akan mengedukasi masyarakat tentang penyakit TB serta melakukan indentifikasi penyakit untuk menemukan orang terduga TB dan mengobatinya,” paparnya. (ica)

Komentar

Komentar