Home Breaking News Inidia Camilan Sehat untuk Ibu Hamil

Inidia Camilan Sehat untuk Ibu Hamil

352
Ilustrasi, (Foto: istimewa)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pola makan sehat dan seimbang penting sekali selama kehamilan. Namun bila mengalami mual muntah, ibu hamil mungkin kesulitan mengonsumsi makan dalam porsi besar.

Seperti diktuip dari Klikdoter, Kamis (17/5/2017), camilan sehat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Camilan ini dapat menghilangkan rasa lapar sekaligus memberikan nutrisi tepat bagi sang ibu dan janin.

Berikut ini camilan sehat untuk ibu hamil:

1. Camilan sehat pada trimester pertama

Pada trimester pertama, konsumsi makanan yang kaya asam folat sangat penting. Asam folat dapat ditemukan dalam sayur-sayuran dan makanan terfortifikasi seperti sereal. Contoh makanan yang mengandung asam folat adalah bayam dan buah bit, asparagus rebus, jeruk, dan melon. Anda bisa mengolahnya menjadi salad sebagai camilan.

Selain folat, Anda juga memerlukan vitamin A. Vitamin ini penting untuk pertumbuhan organ janin dan membantu melawan infeksi. Ada beberapa jenis buah buah dan sayuran yang mengandung beta karoten. Misalnya: jeruk, persik, mangga, atau papaya. Anda bisa menambahkannya ke dalam sereal saat sarapan.

Sesekali Anda bisa mengolahnya menjadi smoothies yang mudah untuk dibawa dalam perjalanan. Sedangkan sayuran, Anda bisa membuat sup dengan wortel atau kentang dengan mentega.

2. Camilan sehat pada trimester dua

Pada trimester dua kehamilan, asupan kalsium adekuat penting untuk pembentukan tulang janin. Kalsium juga bermanfaat menurunkan risiko tekanan darah tinggi selama kehamilan.

Karena itu, vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan dan penggunaan kalsium. Asupan vitamin D yang dianjurkan adalah 10 mcg per hari.

Yogurt atau makanan dengan bahan dasar susu merupakan sumber kalsium yang baik. Begitu juga dengan kacang-kacangan, seperti kacang almon yang juga dikenal kaya kalsium.

Selain itu, camilan roti sarden juga dapat memberikan asupan kalsium, besi, dan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 penting untuk pertumbuhan otak dan mata janin.

Nutrisi lain yang penting dikonsumsi di trimester kedua adalah magnesium. Magnesium membantu tubuh bekerja lebih baik. Camilan yang kaya akan magnesium adalah susu, kentang rebus, atau biji bunga matahari.

3. Camilan sehat pada trimester tiga

Di trimester ini, Anda membutuhkan tambahan energi, vitamin C, dan B1. Tambahan 200 kalori per hari sangat dianjurkan.

Vitamin C penting untuk membantu melindungi sel dari kerusakan, menjaga sistem imun, dan membantu pembentukan serta fungsi plasenta. Selain itu juga dapat membantu penyerapan zat besi di saluran cerna.

Anda bisa mengonsumsi tomat, stroberi, jeruk, dan kiwi. Makanan tersebut sangat menyegarkan sehingga juga bisa membantu mengatasi mual muntah. Anda pun dapat mengolahnya menjadi salad atau smoothies.

Perlu diingat bahwa vitamin C dapat rusak bila dimasak. Karena itu dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam kondisi mentah atau direbus sebentar untuk mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Tingkatkan pula konsumsi vitamin B dengan sereal terfortifikasi yang rendah gula dan tinggi serat. Serat dan cairan penting untuk membantu mengurangi konstipasi yang sering dialami pada trimester tiga.

Sumber serat yang baik adalah sayur, buah, kacang, atau roti gandum. Beras merah, beras cokelat, pasta, atau gandum lebih baik.

Asupan Cairan

Untuk asupan cairan, minumlah minimal delapan gelas sehari. Asupan cairan tak hanya didapat dari air putih saja, namun bisa juga Anda dapatkan dari makanan seperti buah-buahan dan sup. (*)

Komentar

Komentar