Home Breaking News Ini Tiga Stategi Balitbang Kementan Ciptakan Produk Hortikultura Berorientasi Eksport

Ini Tiga Stategi Balitbang Kementan Ciptakan Produk Hortikultura Berorientasi Eksport

143
Tampak Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (baju putih) saat memberikan bantuan Alsintan dan Bibit Padi Unggulan kepada para Petani Desa Soreang, Bandung, Sabtu (21/1/2017). Photo Ningsih/citraindonesia.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Hardiyanto, Kepala Pusat Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian RI, mempunyai tiga strategi mengembangkan sektor hortikultura nusantara yang berdaya saing diharapkan berorientasi eksport.

“Pemerintah saat ini sedang gencarnya menetapkan sektor hortikultura menjadi sektor strategis guna mengembangkan daya saing di tingkat internasional,” ungkap Hardiyanto di Jakarta, Kamis (7/8/2017).

Dirinya menjelaskan ada tiga strategi yang dilakukan mewujudkan kebangkitan hortikultura nusantara, antara :

  1. Pemantapan mekanisme produksi dan distribusi benih,
  2. Melakukan singkroninasi antar pemerintah, swasta dan masyarakat,
  3. Memperkuat jaringan kerjasama,

“Pemantapan mekanisme produksi itu seperti melalui kerjasama Balitbangtan dengan Direktorat Jenderal Hortikultura, BPSB, BBI perusahaan benih serta kelompok tani dengan mempertimbangkan kebutuhan para stakeholder terutama untuk kesejahteraan para petani di Indonesia,” paparnya.

Selain itu juga ada sinkronisasi antar pemerintah, swasta dan masyarakat sesuai UU Nomor 13 tahun 2010 tentang hortikultura.

“Seperti Kementan dan Stakeholder menegaskan komitmen bersamanya melalui program-program dan riset,” imbuh Hardiyanto.

Bahwa keterpaduan antar stakeholder dalam program pembangunan hortikultura diharapkan efektif menyelesaikan permasalannya dari dasar dan mengarahkan pada tujuannya yang sama yaitu mewujudkan kebangkitan hortikultura nusantara yang berdaya saing.

“Kita bersinergi meningkatkan kinerja sektor hortikultura guna membangkitkan hortikultura Indonesia,” imbuhnya. (Ning)

Komentar

Komentar