Home Breaking News Ini Sebab Harga Minyak Dunia Turun Lebih 1 Persen

Ini Sebab Harga Minyak Dunia Turun Lebih 1 Persen

787
Khalid Al-Falih, Minister of Energy, Industry and Mineral Resources of Saudi Arabia. AP

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Harga minyak turun lebih dari 1 persen pada Senin karena investor membuat rekor pemotongan untuk taruhan pada kenaikan harga setelah data pengeboran yang kuat dari keprihatinan Amerika Serikat, tentang efektivitas pengurangan produksi OPEC untuk mengekang pasokan.

Patokan minyak mentah berjangka Brent turun 60 sen menjadi $ 51,16 per barel pada 0934 GMT. AS West Texas Intermediate (WTI) minyak mentah berjangka diperdagangkan 71 sen lebih rendah pada $ 48,07 per barel.

“Investor spekulatif telah dilemparkan handuk tampaknya. Kami punya rekor penjualan dalam pekan yang berakhir 14 Maret dan pendarahan belum berhenti,” kata Carsten Fritsch, analis komoditas senior di Commerzbank di Frankfurt kepada reuters.

“Peningkatan terus berlanjut di rig minyak AS menambah sentimen bearish.”

Pengebor AS menambahkan 14 rig minyak dalam seminggu hingga 17 Maret, sehingga total jumlah hingga 631, terbesar sejak September 2015. Pemulihan diharapkan dapat meningkatkan produksi shale dalam enam bulan pada April.

Tumbuh produksi AS di tengah kekhawatiran bahwa produksen global meng-cut kesepakatan dengan OPEC.

Prospek output yang lebih tinggi dari Libya, yang dibebaskan dari output dipotong kesepakatan, menambah sentimen bearish lebih lanjut.

Libya National Oil Corporation (NOC) mengatakan itu yakin mendapatkan kembali kontrol dari dua port minyak utama, Es Sider dan Ras Lanuf, yang memiliki kapasitas gabungan untuk mengekspor 600.000 barel per hari.

Penurunan penghasilan bersih adalah yang terbesar menurut data CFTC disusun oleh Reuters. (friz)

Komentar

Komentar