Home Breaking News Ini Sebab FBI Tantang Parlemen

Ini Sebab FBI Tantang Parlemen

159
Mantan Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) James Comey (kiri) dan Presiden AS Donald Trump (kanan)

WASHINGTON, CITRAINDONESIA.COM- FBI secara terbuka menantang seorang anggota parlemen Republik merilis sebuah memo kontroversial membiaskan anti-Trump di lembaga intelijen tersebut.

‘Kami memiliki kekhawatiran serius tentang kelalaian materi fakta yang secara fundamental memengaruhi akurasi memo tersebut’, kata FBI dalam sebuah pernyataan.

Seorang pembantu Trump, Rabu (31/1/2018), mengatakan mereka akan merilis dokumen rahasia ‘cukup cepat’ terlepas dari keberatan tersebut.


Demokrat mengklaim memo tersebut adalah usaha mendiskreditkan penyelidikan Rusia yang dipimpin oleh FBI.

‘Ini akan dirilis di sini cukup cepat, saya pikir, dan seluruh dunia bisa melihatnya’, kepala staf Gedung Putih John Kelly mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Fox News Radio, Rabu pagi.

Beberapa jam kemudian, FBI mengeluarkan sebuah pernyataan langka yang mengatakan bahwa mereka memiliki ‘kesempatan terbatas’ untuk meninjau dokumen tersebut sebelum komite Intelijen House memilih untuk melepaskannya pada hari Senin.

‘Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan entitas pengawasan yang tepat untuk memastikan integritas proses FISA (Foreign Intelligence Surveillance Act) yang berkelanjutan’, pernyataan FBI menambahkan.

Apa memo itu?

Memo empat halaman, disusun oleh staf Ketua Komite Intelijen House Devin Nunes, mengklaim Departemen Kehakiman menyalahgunakan program surveilans FISA, secara tidak adil menargetkan seorang anggota kampanye Trump.

Menurut anggota parlemen yang telah memeriksanya, dokumen tersebut menyatakan agensi memperoleh surat perintah untuk memata-matai ajudan kampanye Trump setelah mengajukan bukti ‘berkas bahasa Rusia’ yang tidak terbukti.

Berkas itu disusun mantan agen intelijen Inggris Christopher Steele dengan uang yang dibiayai sebagian dari kampanye Hillary Clinton. (bbc/oca)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar