Home Breaking News Ini Sanksi DK PBB Kepada Korea Utara

Ini Sanksi DK PBB Kepada Korea Utara

165
Rapat DK PBB.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat menyetujui berbagai jenis sanksi perdagangan atau embargo kepada Pemerintah Kim Jong Un, Korea Utara.

Sanksi itu diperluas sebagai resolusi terkait program rudal nuklirnya,” ujar DK PBB dalam keputusan sidang Senin (12/9/2017).

Sanksi itu antara lain larangan pasokan minyak ke negara komunis itu selama 12 bulan atau selama 1 tahun.

Sekedar tahu, China dan Rusia adalah mitra strategis perdagangan Korea Utara. Maka kedua negara ini kurang setuju sanksi baru, lebih memilih dialog.

Hal itu menyusul usulan Amerika Serikat meminta embargo minyak dan pembekuan aset para pengusaha berbisnis dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Resolusi baru tersebut juga melarang ekspor tekstil Korea Utara dan melarang negara lain untuk mengizinkan izin kerja baru untuk pekerja Korea Utara.

Ekspor tekstil dan kehadiran pekerja Korea Utara di luar negeri merupakan sumber pendapatan utama Pyongyang.

Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Nikki Haley, mengatakan “Korea Utara belum melewati titik tidak dapat kembali.”

Dia mengatakan jika Korea Utara menghentikan program nuklirnya, dunia akan hidup dalam damai dengan hal itu.

Namun jika tidak, kata dia, maka Dewan Keamanan mengatakan “kita akan bertindak untuk menghentikannya sendiri.”

Duta Besar Jepang untuk PBB Koro Bessho mengatakan jika Korea Utara menginginkan perdamaian dan keamanan, maka perlu ditunjukkan tindakan konkret untuk denuklirisasi Semenanjung Korea. (oca)

Komentar

Komentar