Weather United States Of America, Ashburn United States Of America, Ashburn +17°C

Citra Indonesia

Ini Peraturan Baru Impor Produk Tertentu

Ini Peraturan Baru Impor Produk Tertentu

January 15
02:19 2013
barang- barang ekspor

barang- barang ekspor

CitraIndonesia.Com: Menteri Perdagangan Gita Wirjawan (GW) menerbitkan peraturan baru tentang  impor produk tertentu oleh para importir terdaftar (IT) di Kementerian Perdagangan RI.

Biar tahu saja, pertimbangan diterbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 83/M-DAG/PER/ 12/2012, untuk menciptakan perdagangan yang sehat.  Maka ditingkatkan tertib administrasinya.

Lahirnya Permendag No.83/2012, kegiatan impor melalui Permendag No. 57 /M-DAG/PER/ 12/2010, yang dikapalkan dari negara asal sebelum 1 Januari 2013 harus tiba di pelabuhan tujuan Indonesia paling lat 28 Februari 2013.

Produk Tertentu adalah produk yang terkena ketentuan impor berdasarkan Permendag ini meliputi produk makanan dan minuman, obat tradisional dan suplemen makanan, kosmetik, pakaian jadi, alas kaki, elektronika, dan mainan anak-anak.

Verifikasi atau penelusuran teknis impor dilakukan di pelabuhan muat barang oleh surveyor.

Rencana impor produk tertentu oleh IT dalam 1 (satu) tahun mencakup jumlah, jenis barang, Pos Tarif/HS 10 (sepuluh) digit dan pelabuhan tujuan, hanya dapat dilakukan melalui pelabuhan tujuan:

A. Pelabuhan laut: Belawan di Medan, Tanjung Priok di Jakarta, Tanjung Emas di Semarang, Tanjung Perak di Surabaya, Soekamo Hatta di Makassar, Dumai di Dumai, Jayapura di Jayapura, dan Tarakan di Tarakan; dan/atau

B. Bandar udara: Polonia di Medan, Soekarno Hatta di Tangerang, Achmad Yani di Semarang, Juanda di Surabaya, dan Hasanuddin di Makassar.

Impor Produk Tertentu oleh IT-Produk Tertentu dilakukan melalui pelabuhan laut Dumai di Dumai, pelabuhan laut Jayapura di Jayapura.

Sementara itu di  pelabuhan laut Tarakan di Tarakan hanya untuk pintu masuk produk makanan dan minuman.

Sedang produk tertentu untuk kebutuhan penduduk di Kawasan Perdagangan Bebas dilarang dikeluarkan dari kawasan, atau dialihkan  ke tempat atau daerah lainnya.

Pengawasan terhadap importasi Produk Tertentu dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dan Kewajiban hukum yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan lain yang berlaku atas impor Produk Tertentu tetap berlaku.

Pada Pasal 25, menyatakan saat Permendag ini berlaku, Tekstil dan Produk Tekstil pada angka 33 sampai dengan angka 49 sebagaimana tercantum dalam lampiran Permendag No. 23/M-DAG/PER/6/2009 tentang Ketentuan Impor Tekstil dan Produk Tekstil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 02/M-DAG/PER/ 1/2010, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Pasal 26, Pelaksanaan Peraturan Menteri ini dievaluasi 1 (satu) tahun. Dan akan berlaku sejak 1 Januari 2013 hingga 31 Desember 2015. (olo)


Tags
Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Cari Konten

image003

Desainbagus.com - jasa pembuatan website dan toko online terbaik