Search
Monday 22 December 2014
  • :
  • :

Ini Penetapan Tata Cara Revisi Anggaran Tahun 2013

seonggok uang

seonggok uang

CIN- Dalam rangka efisiensi dan efektivitas pelaksanaan Anggaran Belanja Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2013 serta percepatan pencapaian kinerja Kementerian Negara/Lembaga, Menteri Keuangan menetapkan tata cara revisi anggaran Tahun Anggaran 2013 yang tertuang dalamĀ Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 32/PMK.02/2013 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2013.

Dikutif dari rilis Kementerian Keuangan, dalam peraturan menteri ini, revisi anggaran terdiri atas:

1. Perubahan rincian anggaran yang disebabkan penambahan atau pengurangan pagu anggaran belanja termasuk pergeseran rincian anggaran belanjanya.

2. Perubahan atau pergeseran rincian anggaran dalam hal pagu anggaran tetap.

3. Perubahan/ralat karena kesalahan administrasi.

Revisi Anggaran dapat dilakukan setelah volume keluaran yang tercantum dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tercapai dan tidak mengakibatkan pengurangan volume keluaran terhadap kegiatan prioritas nasional dan/atau kebijakan prioritas pemerintah yang telah ditetapkan.

Batas akhir penerimaan usul Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2013 untuk revisi anggaran pada Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) ditetapkan tanggal 11 Oktober 2013.

Sementara, untuk revisi anggaran pada Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Ditjen PBN) selambat-lambatnya diterima pada 18 Oktober 2013.

Dalam rangka memperoleh data yang akurat, DJA dan Ditjen PBN akan melakukan pemutakhiran data anggaran (rekonsiliasi) berdasarkan revisi DIPA yang telah disahkan setidaknya tiga bulan sekali.

Ketentuan teknis yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2013 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ini akan diatur lebih lanjut oleh Direktur Jenderal Anggaran dan Direktur Jenderal Perbendaharaan secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri sesuai dengan kewenangannya. (friz)