Home KESRA Rupa-rupa Ini Manfaat Berkemah untuk Anak

Ini Manfaat Berkemah untuk Anak

209

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Berkemah mungkin terdengar kurang nyaman bagi Anda. Namun jangan khawatir, dengan segala teknologi dan persiapan yang modern dewasa ini, berkemah dapat menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Bahkan, ada pula tempat perkemahan yang menyediakan tenda semi permanen yang lebih kokoh dan nyaman bagi Anda dan keluarga.

Seperti dijelaskan Dr Karin Wiradarma melalui klikdokter.com, di Jakarta, berkemah merupakan salah satu cara untuk kembali mendekatkan anak kepada alam.

Setelah sehari-hari menghabiskan waktu dengan terkungkung oleh tembok beton di rumah, sekolah, dan mal, kini saatnya Anda membawa anak untuk bermain dan mengeksplorasi alam terbuka.

Dengan berkemah, anak dapat bersentuhan dengan alam, menjelajahi tumbuhan, hewan, dan lingkungan. Kegiatan berkemah ini dapat merangsang kecerdasan naturalisnya. Ia dapat memperkaya khazanah flora dan fauna dengan mengenal berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang mungkin baru pernah ia lihat lewat buku atau televisi saja.

Anda dapat mendampingi anak dan menjelaskan kepadanya mengenai burung yang membangun sarangnya, bagaimana ia memberi makan anaknya, hingga mengajari anaknya untuk dapat terbang.

Ketika melihat lebah bertengger di bunga, Anda dapat menjelaskan proses penyerbukan bunga, bagaimana bunga berkembang biak, serta peran lebah atau kupu-kupu dalam hal tersebut.

Anda juga dapat menceritakan mengenai proses tumbuhan memasak makanan dengan sinar matahari, mengambil gas karbon dioksida untuk keperluannya, dan sebagai gantinya mengeluarkan oksigen yang dibutuhkan manusia untuk bernapas, serta berbagai proses alam lainnya yang dapat lebih dihayati oleh anak apabila ia mengalaminya secara langsung.

Keterampilan motorik dan kecerdasan kinestetik anak pun ikut terlatih. Ia dapat berlarian di alam terbuka, melakukan olahraga seperti bermain bulu tangkis, basket, sepak bola, atau melakukan kegiatan outbound yang umumnya juga disediakan oleh pemilik fasilitas berkemah.

Indra sensor anak pun ikut terangsang dengan melihat berbagai warna pohon dan bunga yang beraneka ragam, sayap burung dan kupu-kupu yang berwarna-warni, suara gemercik air di sungai, serta embusan semilir angin di kulitnya.

Anda tertarik namun tidak mengetahui ke mana Anda harus mengajak anak berkemah? Anda dapat mulai mencari informasi di internet tentang beberapa tempat perkemahan di Kebayoran Baru, Bogor, Bandung, Cibodas, dan Ciater. Selamat berkemah!

Komentar

Komentar