Home Breaking News Ini Bahaya Pakai Talenan Kayu!

Ini Bahaya Pakai Talenan Kayu!

100
Telenan Kayu

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Talenan merupakan salah satu benda penting yang wajib yang ada dalam area ranah dapur rumah Anda.

Talenan dan pisau juga merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan untuk memotong bahan-bahan makanan yang akan dimasak.

Kebanyakan talenan umumnya terbuat dari kayu, padahal ada beberapa bahaya yang terdapat pada talenan kayu. Apa saja bahaya pakai talenan kayu?

Bahaya pakai talenan kayu saat memotong bahan masakan

Tidak semua jenis talenan bagus untuk dipakai memotong bahan-bahan makanan. Salah satu jenis talenan yang mungkin paling banyak dipakai orang-orang adalah talenan kayu.

Padahal, tanpa Anda sadari, talenan kayu bisa jadi sumber bahaya bagi Anda sekeluarga. Mengapa bisa begitu?

Berbeda dengan bahan lainnya seperti logam atau plastik, talenan dari bahan kayu bisa menyerap bakteri dari bahan pangan yang masih mentah. Misalnya dari daging ayam mentah, daging ikan mentah, dan lainnya.

Pasalnya, sebelum Anda memasak, bahan-bahan masakan seperti daging hewan, sayuran atau bahkan bahan makanan lain masih dalam wujud mentah.

Nah, ketika Anda memotong menggunakan alas talenan kayu, bakteri yang ada dalam bahan makanan akan menyerap ke kayu dan akan mengontaminasi bahan makanan yang lain.

Peneliti dari University of California, Dean O. Clever, melakukan penelitian mengenai masalah bahaya pakai talenan kayu. Ia menemukan bahwa talenan kayu bisa menyerap bakteri Salmonella yang terbawa dari bahan makanan mentah. Bakteri bisa meresap ke dalam kayu dan mengendap di dalamnya.

Selain itu, bakteri dan jamur juga gampang berkembang biak sebagai salah satu bahaya pakai talenan kayu lainnya. Setelah memasak, Anda pastinya wajib membersihkan talenan, dengan cara dicuci pakai sabun dan dibilas dengan air. Namun, sayangnya tidak semua talenan kayu akan kering dengan sempurna dalam waktu yang sebentar.

Jadi, pakai talenan bahan apa yang bagus?

Dikutip dari HuffingtonPost, para koki profesional menganjurkan untuk menggunakan papan masak atau talenan berbahan plastik. Pilihlah plastik yang polyethylene yang cukup kuat.

Talenan dari plastik ini tahan lama dan mudah untuk dibersihkan. Talenan yang terbuat dari plastik juga merespon gesekan pisau lebih baik.

Kekurangan talenan ini adalah ia cenderung bergeser atau slip ketika digunakan untuk memotong bahan makanan yang tebal dan berat. Selain itu, talenan plastik ini lebih mudah membekas dengan goresan pisau dibandingkan talenan dengan bahan kayu atau bambu.

Saat ini sudah banyak inovasi dari talenan plastik ini, mulai dari talenan plastik anti-slip, talenan lentur yang bisa ditekuk untuk menuang hasil potongan sehingga tidak berceceran, hingga talenan plastik yang sekaligus disertai dengan wadah penampungan hasil potongan.

Cara lain untuk menghindari kontaminasi bakteri

Karena bahaya pakai talenan kayu tidak bisa disepelekan, sebaiknya pastikan Anda juga lakukan langkah-langkah berikut ini untuk menjaga kebersihan makanan.

Masak daging mentah sampai benar-benar matang.

Cuci bersih talenan atau alat-alat dapur lainnya setelah digunakan. Bisa juga direndam dalam air panas selama beberapa menit.

Setelah menggunakan alat dapur untuk mengolah bahan mentah seperti daging, langsung cuci alatnya. Jangan langsung dipakai untuk memotong atau mengolah bahan pangan lain seperti sayur dan buah. (*)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar