Home Breaking News Ingin Rumah Tangga Tetap Harmonis? Jangan Lakukan Ini

Ingin Rumah Tangga Tetap Harmonis? Jangan Lakukan Ini

224
Makan malam romantis di Hogwarts

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kehidupan berumah tangga itu memang sangat kompleks. Maka tidak heran jika tentang kehidupan rumah tangga tiada habisnya dibahas. Agar hubungan suami istri harmonis banyak tips yang telah diberikan.

Sesungguhnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kelanggengan hubungan suami istri. Sejauh mana pasangan suami istri mampu menjalani berbagai hal bersama dan terampil menyelesaikan konflik menjadi salah satu tips yang bisa menjaga agar hubungan berjalan baik.

Ikatan cinta kasih antara suami, istri, dan anak-anak juga sering kali terjalin kuat karena hal-hal kecil yang dilakukan dengan ketulusan hati. Begitu juga sebaliknya, terkadang hal yang kita anggap kecil tapi tidak berkenan bagi pasangan bisa menimbulkan retaknya hubungan cinta kasih itu.

Sebab itu sebagai pasangan kita harus peka membaca perasaan suami/istri, apa saja yang disukainya dan apa yang tidak berkenan di hatinya.

Berikut hal-hal yang merusah keharmonisan keluarga, yang tidak boleh dilakukan agar hubungan anda dengan pasangan tetap harmonis, seperti dikutipo dari ummi-online:

1. Kebiasaan merendahkan atau mengkritisi pasangan

Direndahkan memang tidak enak rasanya. Apalagi jika itu dilakukan oleh orang yang kita cintai. Terkadang tanpa disadari kita sering sekali mengkritik apa saja yang dilakukan oleh suami/istri. Seolah-olah ada saja yang tidak sesuai dengan perilaku pasangan kita.

Namun ada juga yang mungkin tidak bermaksud untuk merendahkan tapi karena cara penyampaiannya yang salah sehingga pasangan merasa direndahkan. Karena itu sebaiknya hindari terlalu banyak mengeluh yang ujung-ujungnya mengkritik apalagi sampai merendahkan pasangan.

2. Membandingkan pasangan dengan orang lain

Hal lain yang juga tidak berkenan di hati kita yaitu jika dibanding-bandingkan dengan orang lain. Begitu pun seorang suami/istri, tidak akan senang dibandingkan dengan orang lain. Tentu saja hal seperti ini susah dia terima, apalagi dari suami/istri yang dicintainya.

Membicarakan kehebatan suami/istri orang lain dihadapan pasangan, terkadang menjadi hal yang sering kita lakukan. Namun, ternyata hal ini dapat melukai hati. Hal ini bisa menghancurkan hubungan cinta kasih suami-istri.

3. Membuat keputusan tanpa membicarakannya dengan pasangan

Ini juga kebiasaan yang terkadang dianggap sepele. Kita pikir, “Niatnya baik kok” atau “Untuk kebaikan ini. Suami/istri pasti setujulah. Gak diomongin dulu juga gak apa-apa”.

Hati-hati karena hal ini bisa membuat kita terlihat lancang terhadap pasangan. Sekali dua kali mungkin suami masih bisa terima, tapi kalau sudah keseringan ini bisa menjadi ganjelan bagi hubungan kita dengan pasangan.

4. Menggunakan alasan seks untuk mencari keuntungan atau menghukum

Suami tentu tidak suka jika alasan seks digunakan untuk menekan dan sebagainya. Meskipun benar suami sangat cinta, tapi jika sering dimain-mainkan dengan alasan tidak akan ‘diberi’ misalnya, tentu lama-lama pasangan akan lari ke pelukan orang lain.

5. Melawan secara fisik atau kata-kata

Sikap ini dianggap paling umum dilakukan seorang suami/istri. Kebiasaan ini juga mesti dibuang karena sikap ini menunjukkan kita tidak menghargai pasangan kita. Apalagi sikap menentang ini sudah mengarah kepada perlawanan baik berupa kata-kata maupun secara fisik.

Wah, kalau sudah begini yang ada jadinya perang dunia ketiga. Bayangkan jika keadaan seperti ini sering terjadi dalam rumah tangga, pasangan mana yang betah di dalamnya?

6. Berbohong pada pasangan

Ini jelas-jelas sikap yang tidak terpuji. Agama pun melarangnya, tidak hanya kepada pasangan tapi kepada semua orang juga tidak boleh berbohong. Kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam mengekalkan hubungan. Karena itu wajib menjaga kepercayaan pasangan dengan tidak berbohong.

7. Lebih mementingkan pekerjaan, hobby atau teman dari pada pasangan

Suami/istri lebih mementingkan pekerjaan, hobby, teman dan lain-lain dari pada pasangan? Ini jangan sekali-kali terjadi. Kebiasaan yang menganggap enteng masalah ini karena beranggapan suami/sitri akan mengerti bisa menjadi bumerang dikemudian hari.

8. Melakukan perbuatan yang bisa menyeret pasangan ke pelanggaran hukum

Suami/istri harus saling cinta-mencintai, hormat-menghormati, setia dan memberi bantuan lahir bathin yang satu kepada yang lain. Jika mencintai berarti menjaga agar pasangan kita selalu dalam kebaikan dan tidak terjerumus ke dalam pelanggaran hukum, baik hukum manusia maupun hukum Tuhan tentunya.

Jangan sampai karena keserakahan dan ketidak bersyukuran suami/istri menjadi penyebab menjadi korupsi misalnya. Pasanan bisa saling membenci jika disadari bahwa akibat perbuatan dirinya jadi bisa terjerumus ke dalam hal yang salah.

9. Melakukan perbuatan yang membahayakan nyawa pasangan

Hal ini tidak jauh berbeda dengan point sembilan. Bahkan lebih bahaya karena pasangan bisa sampai benci terhadap suami/istri jika mengetahui pasangan sendiri telah membahayakan nyawanya.

10. Tidak setia kepada pasangan

Setiap pasangan pasti menginginkan pasangannya setia. Kesetiaan merupakan modal penting dalam menjalani sebuah hubungan. Karena sebuah hubungan akan kandas di tengah jalan tanpa adanya kesetiaan.

Maka kesetiaan merupakan kunci langgengnya sebuah hubungan. Jadi, membuang kebiasaan tidak setia mutlak bagi pasangan yang menginginkan hubungan yang langgeng.

Komentar

Komentar