Home Breaking News Indonesia-Jepang Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan Vokasi Industri

Indonesia-Jepang Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan Vokasi Industri

4369
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif di Kementerian Perindustrian, di Jakarta, Rabu (22/3/2017). Foto: Humas Kemenperin.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengharapkan peningkatan kerja sama Indonesia dan Jepang di bidang pendidikan vokasi industri.

Dalam hal ini, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama 4 kementerian lainnya telah menandatangani MoU untuk melakukan penguatan vokasi industri di Indonesia. Kesepakatan yang akan dilakukan, yakni melalui program sinergi pada jalur pendidikan, pelatihan, pemagangan dan sertifikasi untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja Indonesia.

“Kami sendiri telah melakukan kerja sama dengan Jepang melalui MoU antara SMTI Yogyakarta dengan National Institute of Technology, Akashi College, Akashi City, Hyogo, Jepang,” ujar Menperin, seperti dalam siaran pers yang diterima citraindonesia.com, di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menekankan bahwa untuk membangun industri nasional dibutuhkan tenaga kerja industri yang kompeten.

MoU ini ditandatangani pada bulan Juli 2016, yang menekankan adanya pertukaran pengajar, siswa, serta kursus pendek.

“Selain itu, telah dilakukan pengiriman ke Mitsui Engineering dan Shipbuilding sebanyak 80 orang dalam kurun waktu 3 tahun untuk mendapat pelatihan welding,” tambahnya.

Program ini bekerjasama dengan lembaga pelatihan di beberapa kampus di Indonesia.

Pada kunjungan kerjanya ke Jepang bulan Oktober 2016, Menperin telah meminta kepada perusahaan-perusahaan Jepang yang ditemui saat itu agar mereka dapat meningkatkan kerja sama di bidang vokasi industri.

Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah memberikan sertifikasi kepada setiap karyawan dan siswa Indonesia yang mendapat pelatihan di Jepang. (pemi)

Komentar

Komentar