Home Breaking News Indef : Percepat Proses Hilirisasi Industri

Indef : Percepat Proses Hilirisasi Industri

125
Tambang PT Freeport Indonesia, (Foto: istimewa)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Reindustrialisasi atau mempercepat proses hilirisasi berbagai produk sektor industri nasional sehingga lebih berdaya saing itu mutlak harus dilakukan secara terintegrasi.

“Faktor yang bisa mendorong naiknya pertumbuhan manufaktur, tidak hanya menjadi domain Kementerian Perindustrian. Tetapi kebijakannya harus banyak didukung oleh kementerian terkait lain,” ujar Peneliti INDEF, Ahmad Heri Firdaus di Jakarta, Minggu (6/8/2017).

Seperti diketahui memang bahwa proses hilirisasi industri ini masih ibarat senen- kemis. Sektor pertambangan misalnya, baru beberapa yang sudah punya pabrik pengolahnnya meski sudah diperintahkan sejak beberapa tahun lalu. Alasannya masalah biayanya. Pun hilirisasi produk sektor pertanian, masih perlu terus dipacu.

Nah, dengan langkah sinergi sektoral ini kata Firdaus, dapat memacu kinerja industri dalam negeri supaya tumbuh tinggi kembali, dan mampu memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional.

“Misalnya berperan bersama dalam upaya memenuhi ketersediaan bahan baku dan energi bagi industri, skema perdagangan bebas, kebijakan pemerintah daerah, serta terkait upah dan kompetensi tenaga kerja,” jelasnya.

Sebelumnya, Kemenperin menetapkan enam kebijakan prioritas industri nasional, yang sejalan dengan arah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019.

Arah strategis tersebut meliputi peningkatan daya saing dan produktivitas, penumbuhan populasi industri, serta pengembangan perwilayahan industri di luar pulau Jawa.

“Mengingat pentingnya peran sektor industri dalam memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional, maka perlu kebijakan untuk mengakselerasi pertumbuhannya,” tegas Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (linda)

Komentar

Komentar