Search
Monday 29 December 2014
  • :
  • :

IKM Produksi Konverter Kit

CitraIndonesia.Com: 70 Industri Kecil dan Menengah (IKM) siap diluncurkan pada 28 Maret mendatang guna memproduksi dan menjual alat konversi minyak ke gas atau konverter kit.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, mengungkapkan ada koperasi industri komponen otomotif (KIKO) yang menyatakan siap untuk memproduksi dan menjual alat konversi minyak ke gas itu. Koperasi dengan anggota sekitar 70 IKM ini akan diluncurkan pada 28 Maret mendatang.

“Kita akan hadapkan para pelaku usaha kecil ini dengan para investor nantinya. Seberapa banyak mereka mampu produksi nanti, akan kita ukur,” jelasnya di Bandung, Sabtu (16/3/2012).

IKM ini telah melakukan uji alat konverter berbahan 100 persen lokal. “Hasilnya terbilang memuaskan. Mereka menguji tabung gas dengan volume tiga dan 12 kilogram,” imbuhnya

Rencananya di tahap awal, koperasi ini akan memproduksi dua ribu unit dengan harga jual sekitar Rp7 juta. Harga jual yang murah ini sangat menguntungkan karena harga jual converter kit yang ada bisa mencapai 12-15 juta rupiah.

Euis menambahkan, Investasi yang diperlukan sebesar sekitar 10 miliar ini semuanya berasal dari anggota koperasi yang kebanyakan berasal dari daerah. (Iskandar)

Print Friendly