Search
Sunday 21 December 2014
  • :
  • :

HUT RI ke 68, Menparekraf Siapkan Berbagai Acara

Menparekraf Mari Elka Pangestu

Menparekraf Mari Elka Pangestu

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menyiapkan berbagai acara untuk menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaraan Ke-68 Republik Indonesia.

Mari mengatakan pihaknnya telah menyiapkan banyak kegiatan bidang seni budaya dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2013 yang mengangkat tema “Mari Kita Jaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”.

“Kegiatan seni budaya yang ditampilkan antara lain pergelaran orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN) di Gedung DPR pada 16 Agustus dan Istana Merdeka pada 17 Agustus,” katanya seperti dikutip melalui Antaranews.com, Jumat (2/8/2013).

Sebanyak 200 orang terdiri dari 66 anggota tim orkestra, 132 anggota tim paduan suara, dan 2 vokalis yang dipilih melalui audisi di 33 provinsi di Indonesia akan tampil di acara kenegaraan tersebut.

Selain itu, Mari menambahkan, perayaan peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini kembali dimeriahkan dengan tampilnya gelar seni dan pawai budaya yang akan diikuti para seniman dari 33 provinsi dengan menampilkan karya unggulan daerah yang berciri pembauran budaya lokal dengan budaya luar yang sudah mentradisi di Indonesia.

Gelar seni dan pawai budaya tahun ini akan lebih menarik karena didesain dengan konsep karnaval oleh kareografer Denny Malik dan Hartati.

Mereka akan berkarnaval dari panggung kehormatan Presiden di depan Istana Merdeka menuju Medan Merdeka Barat dan Monas pada 18 Agustus 2013 pukul 14.00 WIB.

Menurut laporan panitia, jumlah karya foto yang diterima sebanyak 20.981 foto yang dikirim oleh 5.842 peserta dari 34 provinsi di Indonesia.

Jumlah ini meningkat dibandingkan dari tahun lalu sekitar 12 ribu karya foto yang masuk ke panitia lomba.

Pihak panitia saat ini telah memilih 30 karya foto sebagai nominator yang terdiri 10 pelajar, 10 mahasiswa dan 10 umum.

“Para nominator ini akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop fotografi dan hunting pemotretan bersama tim juri pada 16 sampai 18 Agustus 2013,” katanya. (fid)