Weather United States Of America, Seattle United States Of America, Seattle +18°C

Citra Indonesia

Hendardji: Pedagang Besar dan Kecil Harus Bermitra

Hendardji: Pedagang Besar dan Kecil Harus Bermitra

June 20
16:57 2012
Pasangan Cagub DKI Jakarta, Hendardji Soepandji dan Riza Patria

Pasangan Cagub DKI Jakarta, Hendardji Soepandji dan Riza Patria

CitraIndonesia.Com: Jangan benturkan pedagang besar (ritel modern) kepada pedagang menengah apalagi terhadap para pedagang  kecil, yang morat marit modalnya.

“Mereka (pengusaha besar, menengah, kecil) harus dibuat menjadi mitra sejajar. Saling menguntungkan,” kata calon Gubernur DKI Jakarta, Hendardji Soepanji, Rabu (20/6/2012) kepada wartawan di salah satu restoran di kawasan Cikini, Jakpus.

Menurutnya, tingginya kesenjangan antara  pedagang besar,  menengah dan kecil, lahir dari ketidakmampuan pemerintah pusat dan daerah mengelola bisnis ritrel secara profesional meski para pedagang kecil korban.

Buktinya, akhir- akhir ini, jumlah pasar moder atau ritel asing kian menggurita hingga pelosok pedesaan. Bahkan banyak yang diduga melanggar zonasi, tidak memiliki IMB dan lain sebagainya.

“Jumlah  ritel modern sekarang 1700. Pasar tradisonal sekitar 137 sampai 150 unit. Tidak seimbang, ini   yang bikin rusak. Pedagang kecil banyak yang mati,” tandasnya.

Karena itu kata dia, sejak kini pemerintah harus berbuat lebih baik, mengatur zonasi serta mengawinkan kepentingan pedagang kecil dengan kapitalis. Kalau tidak lanjutnya rakyatklah yang akan menderita, jadi penonton, jadi subyek kapitaliasme.

Ironisnya, hal- hal buruk akan dialami pedagang kecil. Tempatnya tergusur, di trotoar, kaki lima, bikin macet dan sebagainya.

“Inilah yang harus kita bangun. Kita kembangkan usaha rakyat, UKM. Bila jumlah ritel  modern terus bertambah hingga 20 tahun ke depan, kita bukan lagi negara Pancasila. Makanya kalau saya jadi Gubernur DKI Jakarta, fasilitas publik dan umum akan saya kelola dengan baik. Membangun Jakarta sesuai rencana dasar tata ruang (RDTR),” pungkasnya. (olo)

 

Tags
Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *