Search
Thursday 30 June 2016
  • :
  • :

Harmoko Beberkan Rahasia Awet Muda

Harmoko Beberkan Rahasia Awet Muda

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Harmoko mantan Menteri Penerangan zaman orde baru dan juga mantan Ketua DPR/MPR RI, sejak Soeharto lengser jadi Presiden, seakan hilang dari hiruk- pikuk panggung politik di Tanah Air.

Apa saja sih kesibukan wartawan senior berusia 72 tahun ini sekarang?

Disambangi Citra Indonesia.com di kediamannya di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Harmoko mengaku tetap punya kesibukan tersendiri.

Di rumahnya pun, jadwal padat untuk menerima para tamunya selalu ada. Kalau tidak, ia pun pergi ke luar kota atau ke luar negeri.

“Alhamdulillah ternyata tenaga dan pikiran saya masih banyak yang membutuhkan. Dan, selalu saja ada teman, sahabat yang mengajak sharing dalam berbagai persoalan yang mereka butuhkan untuk dicarikan jalan ke luarnya. Beginilah kegiatan saya sehari-hari sekarang, “ ungkap Harmoko yang masih tetap produktif menulis di Koran Pos Kota miliknya.

Meski masih wara- wiri dengan berbagai aktifitas yang cukup padat di usia yang tidak muda lagi tentunya, namun kondisi fisik Harmoko terlihat fit dan sehat. Bahkan tetap awet muda. Ditanya apasih rahasia awet mudanya? Harmoko membeberkanya :

“Bangun tidur sebelum sarapan, saya membiasakan diri minum satu sendok madu. Setelah sholat subuh, saya olah raga. Saya biasanya olah raga shquot atau main pimpong (tenis meja) seperti tadi pagi yang saya lakukan selama 20 menit cukuplah,” Jelas Harmoko yang setahun lalu di Purwosari-Wonogiri, mendirikan satu-satunya pesantren modern Jawa di Indonesia, namanya Hanacaraka.

Di pesantren ini, para santrinya diajarkan lima bahasa, yaitu bahasa Jawa, Indonesia, Inggris, Arab dan Mandarin. Krenkan- bak sekolah internasional.

“Hidup itu nothink tulus aja. Jika kita mengejar cita-cita memang harus ada ambisi. Tapi jangan ambisius. Karena kalau sudah ambisius cendrung akan menghalalkan segala cara,” begitu simpelnya nasehat pria plamboyan ini mengungkap kesehariannya sekarang. (him)

Bagikan:
Print Friendly

Komentar

Komentar




XSLT Plugin by BMI Calculator
More in Breaking News, NASIONAL
Close