Weather United States Of America, Woodbridge United States Of America, Woodbridge +10°C

Citra Indonesia

Harga Karet Melejit

Harga Karet Melejit

January 26
13:56 2012
Sadap Karet

Sadap Karet

Citra Indonesia.com: Harga Karet pada perdagangan di Tokyo melelejit didorong oleh persetujuan Pemerintah Thailand yang menyetujui rencana untuk menopang harga ditambah dengan pelemahan yen yang memberikan dukungan pada peningkatan harga.

Di bursa Tocom, harga Karet untuk kontrak penyerahan Juni ditutup pada 316,5 yen atau meningkat 2,3 yen (0,7 persen) pada pukul 00.35 GMT.

Kenaikan harga didorong oleh informasi yang menyatakan pemerintah Thailand yang merupakan produsen Karet terbesar di dunia, pada hari Selasa menyetujui anggaran sebesar 15 Miliar baht ($477 juta) untuk membeli Karet jenis USS3 dari petani.

Informasi ini juga memberikan dorongan pada peningkatan harga Karet di India. Peningkatan harga Karet juga didorong oleh pelemahan yen terhadap Dollar USA yang mencapai level terendah sejak 1 bulan. Yen ditutup pada perdagangan di Asia di 77,8 dollar.

Pada perdagangan sehari sebelumnya, harga Karet mengalami kenaikan sebesar 3% ke level tertinggi sejak 3 bulan karena dorongan dukungan dari Thailand ditambah faktor minyak yang memberikan dorongan tambahan peningkatan harga Karet.

Thailand merupakan produsen Karet terbesar telah menyetujui anggaran untuk menopang harga. Harga Karet diperkirakan akan naik lebih tinggi jika China akan kembali aktif di pasar setelah liburan imlek.

Data bursa 20 Januari berdasar survei dari 9 gudang di Shanghai, Shandong, Yunnan, Hainan dan Tianjin menunjukkan persediaan Karet alam yang dipantau oleh Shanghai Futures Exchange turun untuk pertama kalinya dalam enam minggu, turun 120 ton menjadi 34.149 ton.

Turunnya persediaan kemungkinan tanda bahwa pembeli China berhati-hati mengisi stok di tengah harga Karet yang naik dan ketidakpastian tentang prospek penjualan mobil.

Harga Karet di pasar spot Bangkok menurut informasi di International Rubber Price menunjukkan Karet jenis RSS-1 diperdagangkan pada $402.10 per 100 kg atau meningkat $ 10.43  per 100 kg.

Sementara itu menurut informasi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) harga Karet di Palembang diperdagangkan pada Rp33.285/kg. Harga jual komoditas Karet alam jenis slab bersih kadar Karet kering (KKK) di pasaran Kota Jambi, juga mengalami kenaikan.

Karet merupakan komoditas andalan Provinsi Jambi diperdagangkan di pasar lelang setempat, untuk semua jenis naik Rp100/kg – Rp200/kg.

Harga Karet slab bersih 100 persen Rp29.500/kg yang sebelumnya juga naik jadi Rp29.300/kg, slab bersih 70 persen berada pada level Rp20.650/kg dan Rp14.750/kg untuk Karet slab bersih 50 persen.

Naiknya harga komoditas ekspor itu, disebabkan permintaan konsumen dalam beberapa hari terakhir terus menguat, seiring membaiknya harga dipasaran saat ini. (linda)


Tags
Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Cari Konten

image003

Desainbagus.com - jasa pembuatan website dan toko online terbaik