Home SPORT Balap Hanya Finis Ke-5, Rossi: Tidak Terlalu Buruk

Hanya Finis Ke-5, Rossi: Tidak Terlalu Buruk

204
Motor Valentino Rossi mengeluarkan asap saat tampil di Sirkuit Mugello, Italia, (Foto: istimewa).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Meskipun hanya bisa finis di urutan kelima pada balapan GP Jerman, Minggu (2/7/2017), pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi mengaku itu tidak terlalu buruk.

“Biasanya saya tidak senang dengan posisi kelima karena saya ingin bersaing untuk naik podium pada setiap balapan. Namun, untuk akhir pekan ini, hasil itu tidak terlalu buruk,” kata Rossi setelah balapan.

Pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia ini mengawali balapan 30 putaran di Sachsenring tersebut dengan start dari posisi ke-9. Dia sempat berada di posisi keempat sebelum terlewati rekan satu timnya, Maverick Vinales.

“Terutama karena balapan tadi sangat sulit, sangat ketat, dari awal hingga finis. Saya selalu memacu motor hingga maksimal dan selalu ada bepalap lain yang cuma berjarak 0,0 (di bawah satu detik) di belakang,” lanjutnya.

Podium GP Jerman akhirnya ditempati Marc Marquez (Repsol Honda Team), Jonas Folger (Monster Yamaha Tech3), dan Dani Pedrosa (Repsol Honda Team). Rossi mengaku sedikit kurang beruntung karena motor dengan sasis baru yang jadi pilihannya sempat mengalami kerusakan saat sesi latihan bebas (free practice/FP).

Pada awal sesi FP1 yang berlangsung Jumat (30/6/2017) pagi waktu setempat, motor Rossi tiba-tiba mati karena masalah teknis. Hal sama terulang besoknya saat dia turun pada FP3.

“Saya juga memulai balapan dari baris ketiga dan di sini cukup sulit untuk melakukan overtake (menyalip). Jika saya start lebih di depan, mungkin saya bisa bertahan dengan Pedrosa dan bersaing untuk memperebutkan podium,” ujarnya.

Rossi juga mengaku beruntung karena pada akhirnya balapan berlangsung di lintasan yang kering. Di lintasan basah, Rossi akan lebih mengalami kesulitan.

Rossi senang tidak sampai mengalami nasib buruk seperti saat menjalani GP Spanol di Sirkuit Jerez (finis di urutan ke-10) dan GP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya (ke-8).

“Saya senang karena jika tidak punya motor dengan sasi baru, saya rasa hari ini saya bisa mendapat hasil seperti di Sirkuit Jerez dan di Barcelona,” kata pebalap 38 tahun tersebut.

Rossi dan para pebalap lain kini berada pada pertengahan musim. Sebelum turun pada seri ke-9 (GP Ceko), mereka punya waktu jeda selama sekitar satu bulan. Ia menutup paruh pertama musim dengan berada di posisi keempat klasemen sementara berkat raihan 119 poin, tertinggal 10 angka dari Marquez yang berada di puncak. (*)

Komentar

Komentar