Home Breaking News Hama Wereng Rusak Padi Patani Banyumas

Hama Wereng Rusak Padi Patani Banyumas

181
Sawah para petani Desa Beji Pasuruan, Jatim dirusak hama wereng.

BANYUMAS, CITRAINDONESIA.COM- Maunya hasil pertanian sawah dan hasil panen padi petani tinggi atau setara swasembada pagan yang baik. Tapi ketika tanaman padi para petani diserang Hama Wereng Cokel, upaya penanggulangannya tidak maksima.

Kenapa? “Obat hamanya kurang mempan. Para petani juga katanya menyemprot daun padinya saja. Harusnya kan ikut batangnya disemprot,” ujar Wignyo, seorang warga petani Desa Rancamayan Cilongok, Banyumas (Jateng), Jumat (11/8/2017).

Dia mengakui puluhan hektar sawah petani di desanya terancam punah dimakan hama tersebut, sebelumnya petugas dari BP3K datang memberitahu cara penyemprotannya.

“Saya rasa ada benarnya juga kata teman petani lainnya yang cuma semprot daun padinya sehingga hama turun ke batangnya, ya dia makan batangnya. Saya sih sudah bilang kepada mereka supaya menyemprotnya hingga pangkal batangnya,” jelasnya.

Kemaren katanya sudah ada petugas BP3K yang mensosialisasikan cara penyemprotan itu di tengah saha seluas 45 hektare di Desa tersebut. Namun kata dia perlu dilanjutkan lagi supaya hama yang belum mati itu terkena racunnya.

“Kami berharap semua sawah petani di Rancamaya ini disemprot lagi dan bausnya semuanya supaya hama tidak merambat ke sawah lain. Kemudian karena obatnya katanya kurang mempan, harusnya diperbanyak lagi supaya hama-  hama ini tewas kabe,” harapnya. (*)

Komentar

Komentar