Home Breaking News Gugatan 6.000 Pemilik Mobil VW Swiss Korban Skandal Emisi

Gugatan 6.000 Pemilik Mobil VW Swiss Korban Skandal Emisi

77
Oliver Schmidt skandal Volkswagen dihukum 7 tahun penjara.

ZURICH, CITRAINDONESIA.COM- Organisasi perlindungan konsumen Swiss, SKS telah mengajukan gugatan kepada Volkswagen AG (VOWG_p.DE) dan dealer mobil AMAG Swiss terkait skandal emisi “Dieselgate”.

‘Asumsi kerusakan rata-rata mencapai 15 persen dari harga eceran awal mobil para konsumen sekitar 6.000 orang, meminta ganti rugi dari‘, ujar SKS seperti dilansir dari reuters, Sabtu malam (30/12/2017) waktu Zurich.

Minggu pagi para korban bersama perusahaan asuransi mendukung proses hukum tersebut dan mewajibkan vendor VW membayar kerugian mereka.

‘Mobil-mobil yang dijual yang disebut ramah lingkungan itu terlalu mahal sejak awal. Karena manipulasi sistem produksi, mereka rugi besar di pasar sekunder’, kata SKS (Stiftung Fuer Konsumentenschutz) dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat yang lalu.

Volkswagen mengatakan akan memeriksa rincian klaim tersebut. Namun VW mengklaim tidak melihat adanya kasus mendasar karena para ahli industri belum dapat menemukan kerugian signifikan kendaraan diesel VW di pasar Swiss.

‘Kepercayaan dan kepuasan pelanggan kami sangat penting bagi kami. Namun, kami berpendapat bahwa tidak ada alasan hukum untuk klaim terkait dengan masalah diesel’, katanya dalam sebuah pernyataan.

Volkswagen mengatakan 98 persen dari 173.000 kendaraan yang terkena dampak di Swiss telah dipasang tanpa biaya kepada pemiliknya.

AMAG, yang mengimpor mobil ke Swiss, mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya, pihaknya tidak mengerti mengapa SKS mengajukan klaim tersebut karena harga di pasar sekunder untuk mobil diesel VW. Vendor menduga ini akibat persaingan usaha.

VW mengakui pada bulan September 2015 untuk menginstal perangkat lunak rahasia di ratusan ribu mobil diesel A.S, untuk menipu tes emisi gas buang dan membuat mereka tampak lebih bersih di jalan, dan sebanyak 11 juta kendaraan memiliki perangkat lunak serupa yang terpasang di seluruh dunia.

Awal bulan ini, pengadilan tertinggi Jerman menolak tawaran Volkswagen untuk menunda pekerjaan auditor khusus yang ditunjuk untuk menyelidiki tindakan manajemen dalam skandal emisi.
(dewi)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar