Home Breaking News Gubernur Gorontalo Minta Perum Bantu Usaha Nelayan

Gubernur Gorontalo Minta Perum Bantu Usaha Nelayan

127
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menerima kunjungan Direktur Utama Perindo Syahril Japarin, di rumah dinas gubernur, Jumat (11/8/2017).

GORONTALO, CITRAINDONESIA.COM- Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyambut baik minat Perum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) untuk mengembangkan usaha di sana. Saat menerima kunjungan Direktur Utama Perindo Syahril Japarin, gubernur minta Perum Perindo bisa membantu usaha nelayan Gorontalo.

“Nelayan di sini perlu cold storage dan juga pengolahan ikan agar proses hilir mereka lebih baik. Tidak sekadar menangkap, terus dijual murah,” kata Gubernur Gorontalo, di rumah dinas gubernur, Jumat (11/8/2017).

Karena itu, gubernur langsung menyatakan setuju saat Dirut Perum Perindo menyatakan minat untuk bekerjasama mengelola integrated cold storage (ICS) bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang segera akan dibangun dalam waktu dekat.

“Silakan. Kalau perlu lahan kita sediakan. Saya ingin Gorontalo jadi pusat baru Industri Perikanan. Saya dengar (industri perikanan) di Bitung sudah jenuh. Kita tampung limpahannya di Gorontalo,” tambahnya.

Menanggapi hal Itu, Dirut Perum Perindo Syahril Japarin senang dengan dukungan gubernur. Kepada gubernur, Syahril menyatakan selain siap mengelola ICS bantuan KKP untuk Gorontalo, juga akan menjajaki kemungkinan membangun pabrik es.

“Kami juga siap menampung ikan hasil tangkapan nelayan Gorontalo. Kapal penampung Perindo akan kami arahkan ke sini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo Sutrisno memaparkan, saat ini pihaknya sedang merancang satu kawasan Industri perikanan terpadu. Untuk itu, dia mengaku senang dengan minat Perum Perindo selaku BUMN Perikanan untuk bekerjasama dengan Pemprov Gorontalo.

“Harapan kami, ke depan bisa langsung ekspor produk perikanan langsung dari Gorontalo,” ujarnya.

Untuk itu, selain meningkatkan produksi perikanan tangkap, pihaknya juga mengembangkan program untuk peningkatan produksi perikanan budidaya. “Ada 9.000 hektar yang siap dikembangkan untuk perikanan budidaya,” tambahnya.

Untuk pengembangan usaha budidaya itu, lanjut dia, juga terbuka untuk dikerjasamakan dengan Perindo. “Karena Itu, saya antusias dengan kedatangan Pak Dirut (Perum Perindo) ini dan langsung saya pertemukan dengan Pak Gubernur, agar segera terealisasi kerjasama (antara Pemprov Gorontalo dan Perum Perindo),” pungkasnya. (*)

Komentar

Komentar