Home Breaking News Gerakan Sederhana Senam Jantung Sehat

Gerakan Sederhana Senam Jantung Sehat

187
Foto: Ilustrasi

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pernah mencoba senam jantung sehat? Jika belum, sekali-kali Anda bisa mempraktikannya di rumah ataupun kantor.

Sangatlah penting untuk aktif bergerak setiap harinya. American Heart Association menganjurkan untuk berolahraga rutin—seperti berenang, bersepeda atau jogging—tiga puluh menit sehari, sebanyak lima kali seminggu.

Karena jika makan tidak terkontrol dan jarang berolahraga, Anda bisa berisiko mengalami kegemukan bahkan obesitas. Hal ini kemudian dapat berujung pada penyakit jantung koroner dan penyakit lainnya.

Sebuah penelitian menyebutkan, gaya hidup sehat dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 40%.

Jika Anda sangat sibuk sehingga tidak bisa pergi ke gym, ada alternatif lain. Berolahragalah di kantor Anda sendiri. Siapkan baju ganti dan handuk dari rumah.

Berikut 5 olahraga senam jantung sehat, dikutip dari laman klikdokter:

1. Naik turun tangga. Anda bisa melakukan ini selama 15 menit sebelum gerakan selanjutnya. Kombinasinya adalah lima sampai sepuluh anak tangga naik, lalu lima sampai sepuluh anak tangga turun dengan jeda waktu istirahat 5 detik. Ulangi sekali lagi. (Jika kondisi lutut Anda masih baik dan usia Anda di bawah 65 tahun, latihan ini dapat menjadi pilihan.)

2. Lakukan gerakan seperti di bawah ini secara bergantian. Durasinya 2 sampai 5 menit, dengan istirahat tiap 2 menit selama 10 detik.

3. Anda bisa melakukan gerakan di bawah ini dengan menambahkan satu buku tebal, yang juga berguna untuk melatih otot lengan dan pundak. Durasinya 5 menit dengan istirahat tiap 1 menit jika memakai beban

4. Setelah tiga gerakan di atas, lakukan latihan seperti di bawah ini sementara tubuh bagian atas lebih rileks.

5. Selanjutnya lakukan gerakan di bawah ini (bisa secara bergantian). Seperti gerakan nomor 3, gerakan ini dapat dikombinasikan dengan membawa buku sebagai penambah beban. Durasinya 2 sampai 5 menit, seperti gerakan senam nomor sebelumnya.

Secara umum, gerakan di atas dapat Anda variasikan sendiri agar tidak bosan. Usahakan agar total durasinya mencapai 30 menit. Urutan latihan ini dilakukan agar bagian tubuh dapat bergantian bergerak, sementara bagian lainnya mendapat kesempatan istirahat dengan gerakan yang lebih ringan.

Dengan demikian, Anda dapat menggunakan waktu olahraga secara efisien sambil tetap mempertahankan denyut jantung optimal. Selamat senam jantung sehat!

Komentar

Komentar