Home Breaking News Gedung Putih Bantah “Pengemplang” Pajak Presiden Trump

Gedung Putih Bantah “Pengemplang” Pajak Presiden Trump

262
Donald Trump. (Photo: Nrostatic)

AS, CITRAINDONESIA.COM- Gedung Putih mengeluarkan pernyataan, Presiden Donald Trump memiliki penghasilan lebih dari US$150 juta pada 2005 dan membayar (“pengemplang”) pajak pendapatan $38 juta.

Pernyataan itu sekaligus mengecam laporan televisi yang mengungkapkan dokumen pajak itu sebagai “tindakan yang melanggar hukum.”

Sebelumnya, Selasa malam (14/3/2017) jaringan televisi MSNBC menyiarkan laporan wartawan Rachel Maddow yang mengatakan ia mendapatkan dua halaman dokumen pajak Trump dari tahun 2005. Maddow mengatakan dokumen itu diperolehnya dari David Cay Johnson, seorang kolumnis dan pemenang hadiah Pulitzer.

Johnston mengatakan kepada Maddow bahwa ia menemukan dokumen pajak Trump itu di dalam kotak suratnya. Katanya, ia tidak tahu siapa pengirimnya dan mengapa dokumen itu dikirimkan kepadanya.

Maddow kemudian mengirim salinan dokumen pajak itu ke Gedung Putih untuk minta komentar resmi dan pemerintah mengeluarkan pernyataannya sebelum laporan Maddow itu disiarkan hari Selasa malam.

Pernyataan Gedung Putih mengatakan “ada orang-orang yang demikian bersemangatnya untuk menaikkan peringkat stasiun televisinya dan bersedia melanggar hukum, hanya untuk menyiarkan laporan tentang dua halaman dokumen pajak yang sudah berumur lebih dari 10 tahun.”

Kata pernyataan Gedung Putih itu lagi: “Sebelum terpilih menjadi presiden, Trump adalah salah seorang pengusaha yang paling sukses di dunia. Adalah melanggar hukum jika orang mencuri dan menyiarkan dokumen pajak. Media yang tidak jujur bisa saja meneruskan usaha ini, tapi presiden akan memusatkan perhatian pada program-programnya sendiri.”

Trump berulangkali mengatakan ia tidak bisa mengumumkan dokumen pajaknya, karena dokumen-dokumen itu sedang diaudit oleh Kantor Pajak, tapi Kantor Pajak Amerika mengatakan pernyataan itu tidak betul.

Sejak Trump masuk ke Gedung Putih tanggal 20 Januari, lebih dari satu juta orang Amerika telah menandatangani petisi elektronik yang menuntut agar Trump mengumumkan dokumen-dokumen pajaknya seperti yang banyak dilakukan presiden-presiden sebelumnya. (voa)

Komentar

Komentar