Weather United States Of America, Ashburn United States Of America, Ashburn +8°C

Citra Indonesia

Gawat, Harga Kebutuhan Pokok Sudah Naik Terkait BBM

Gawat, Harga Kebutuhan Pokok Sudah Naik Terkait BBM

March 19
01:54 2012

CitraIndonesia.Com : Rencana pemerintah menaikkan harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) 1 April 2012, berdampak naiknya harga kebutuhan pokok.

“Harga sembako mulai naik sejak dua hari belakangan ini, kalau sebelumnya beras jenis IR lokal masih dijual pedagang Rp7.500 per kg saat ini sudah menjadi Rp7.800, kemudian harga telur yang sebelumnya hanya Rp33.000 per karpet naik menjadi Rp35.000. Kenaikan harga juga terjadi pada minyak goreng, gula, terigu dan bahan lainnya,” kata Zulaiha (45), pedagang sembako di kawasan Pasar Atas, Kecamatan Curup Tengah, Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, Minggu(18/3).

Mereka terpaksa menaikkan harga jual, karena menurut dia, harga pembelian saat ini di gudang dan distributor juga sudah naik sehingga mereka terpaksa menaikkan harga jualnya.

“Jadi kami bukan mengambil kesempatan berkaitan dengan rencana kenaikan harga BBM, ” kilahnya.

Sementara itu di pangkal Pinang, harga berbagai kebutuhan pokok juga  mulai merangkak naik seiring rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai 1 April 2012.

“Harga kebutuhan pokok antara lain beras, gula pasir, tepung, minyak goreng dan kebutuhan sehari-hari lainnya di tingkat distributor naik rata-rata Rp500 sampai Rp1000 per kilogram,” ujar A Hong, salah seorang distributor sembako di Pasar Pembangunan Pangkalpinang, Minggu(18/3).

Menurut dia, terhitung sejak Sabtu (17/3), harga beras naik menjadi Rp10 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp9.500 per kilogram, gula pasir naik menjadi Rp11.500 per kilogram dari harga sebelumnya Rp11 ribu per kilogram.

Selanjutnya, harga minyak goreng merek fortune naik menjadi Rp11 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp10 ribu per kilogram, harga tepung naik menjadi Rp7.500 per kilogram dari harga sebelumnya Rp7.000 per kilogram, sementara harga garam beryodium masih stabil Rp500 per bungkus.

“Diperkirakan harga kebutuhan pokok ini akan terus mengalami kenaikan karena hampir 100 persen kebutuhan masyarakat Kota Pangkalpinang dipasok dari Pulau Jawa dan Sumatera, yang membutuhkan biaya transportasi yang cukup tinggi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, apabila harga BBM naik 20 persen dari harga normal, diperkirakan harga beras akan naik berkisar 25 hingga 30 persen, karena untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat kami hanya mengandalkan pasokan beras dari daerah sentra produksi beras di Pulau Jawa dan Sumatera.

“Kami menaikkan harga berdasarkan ketetapan distributor di Jakarta yang sudah menaikkan harga kebutuhan pokok ini,” ujarnya.

Sementara itu, Syamsiah pedagang pengecer sembako, mengatakan, harga beras naik menjadi Rp10.500 hingga Rp11 ribu per kilogram, gula pasir naik menjadi Rp12 ribu per kilogram dan harga kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan yang cukup memberatkan masyarakat.

“Kami hanya mendapatkan keuntungan Rp250 hingga Rp500 per kilogram dari penjualan kebutuhan pokok ini, sehingga kami tidak bisa berbuat apa-apa karena dihukum kondisi perekonomian dan perdagangan yang semakin tidak menentu,” ujarnya. (sodiq/ant)


Tags
BBM
Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Cari Konten

image003

Desainbagus.com - jasa pembuatan website dan toko online terbaik